Cek Cara Mengatasi Rem Motor Blong Saat Perjalanan Mudik Lebaran 2024, Ahli Bilang Begini

Cek Cara Mengatasi Rem Motor Blong Saat Perjalanan Mudik Lebaran 2024, Ahli Bilang Begini

Cara Mengatasi Rem Blong saat Mudik Lebaran 2024--astra-honda.com

JAKARTA, MOTOREXPERZ.COM - Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor kalian harus cek kondisi motor salah satunya pengereman demi keselamatan kalian.

Rem blong merupakan salah satu situasi darurat yang paling ditakuti oleh pengemudi motor karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti kerusakan sistem rem, kebocoran minyak rem, atau kampas rem yang tipis.

Maka dari itu, melakukan perawatan pada sistem pengereman secara berkala sangat disarankan untuk terus memantau performa sistem pengereman.

BACA JUGA:Takut Aki Motor Soak Selama Ditinggal Mudik Lebaran 2024 ? Ikuti Tips Penting Ini

BACA JUGA:Tips Merawat Cat Doff pada Sepeda Motor, Dijamin Auto Kinclong!

"Melakukan perawatan sepeda motor menjadi kewajiban para pengendaranya, hal ini untuk menjaga berbagai fungsi pada sepeda motor tetap optimal. Salah satunya fungsi pengereman yang sangat penting untuk selalu diperhatikan khususnya bagi para pengendara aktif," terang Frengky Rusli, Asst. General Manager Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

"Maka dari itu kami sebagai produsen sepeda motor berupaya mengingatkan dengan berbagi tips perawatan fungsi pengereman sepeda motor untuk menunjang pengalaman berkendara konsumen tetap menyenangkan,” sambungnya.

Agar performa sistem pengereman motor tetap bagus, Frengky menyarankan untuk melakukan pengecekan kondisi kampas rem.

Pastikan kampas rem masih tebal dan tidak diselimuti oleh banyak kotoran yang bisa mengganggu daya cengkram. Bersihkan kampas rem jika kotor menggunakan sikat kawat dan cairan pembersih, juga ganti jika tampak sudah tipis.

Disarankan untuk melakukan pengecekan dan penggantian minyak rem secara berkala.

Frenky meneruskan untuk pastikan volume minyak rem di master rem berada di dalam batas normal, jernih, dan bebas dari kotoran.

Minyak rem juga disarankan untuk dilakukan penggantian setiap 24.000 km pemakaian atau setiap 2 tahun sekali untuk penggunaan normal.

Untuk menghindari rem blong saat digunakan disarankan untuk perhatikan gaya berkendara.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: