Cek Lagi Nih, Bahaya Buat Pemudik Sepeda Motor di Jalan

Cek Lagi Nih, Bahaya Buat Pemudik Sepeda Motor di Jalan

mudik bermotor-PT DAM-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM – Mengendarai sepeda motor adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang di Indonesia, termasuk saat mudik lebaran 2024 kali ini. 

 

Sejumlah faktor dapat menjadi penyebab kecelakaan. Mulai dari faktor manusia, kondisi kendaraan hingga dari segi lingkungan, seperti kondisi jalan.

 

Namun, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan faktor manusia justru merupakan faktor terbesar yang dapat menjadi penyebab kecelakaan ketika berkendara.

 

Hal ini disebabkan banyak pengendara yang belum memahami cara berkendara dengan baik. Seperti menganalisis kondisi jalan dan mengambil keputusan.

BACA JUGA:Pecah! Jakarta Motofest 2024 Sukses Digelar di Cakung

BACA JUGA:AHM Lepas 2.559 Konsumen Setia Honda Mudik Bersama ke Kampung Halaman

"Ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan oleh pengendara, yaitu menganalisis situasi, mengambil keputusan, dan mengoperasikan kendaraan dengan baik. Satu kesalahan saja dapat menjadi penyebab besar terjadinya kecelakaan,” ucapnya.

 

Saat berkendara, menurutnya diperlukan tingkat konsentrasi yang baik. Apalagi ketika mudik, dimana arus lalu lintas akan lebih padat dari biasanya.

 

"Dengan kondisi jalan yang cukup padat dan penuh potensi bahaya, kita perlu melakukan sikap berkendara yang selalu waspada atau melakukan defensive riding. Dengan cara berkendara seperti ini, kita mampu menghindari berbagai potensi bahaya yang mungkin muncul."

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: