Mengenal Kawasaki Edge, Bebek Keren Jagoan Balap yang Kini Bekasnya Langka

Mengenal Kawasaki Edge, Bebek Keren Jagoan Balap yang Kini Bekasnya Langka

Kawasaki Edge-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Segmen motor bebek saat ini sudah terbilang sangat kecil. Pilihannya tak lagi beragam dengan merek yang terbatas. 

Hal ini disebabkan oleh dominasi skuter matic yang menguasai pasar motor domestik hingga 90 persen. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pun tak lagi menjual model bebek.

Dan tipe bebek atau underbone terakhir yang mereka jual adalah Kawasaki Edge. Mungkin nama ini bagi sebagian Gen-Z terdengar asing.

Ini karena secara penerimaan pasar, motor yang dilahirkan pada bulan Januari 2010 silam tidaklah menggembirakan. Sehingga mulai tahun 2014, motor ini tak lagi dijual dan diproduksi.

BACA JUGA:Beredar Rumor, Motor Retro Kawasaki W230 Siap Dijual

BACA JUGA:Kawasaki Eliminator 450 Kini Dilepas Mulai Rp 169 Jutaan On The Road Jakarta

Meski demikian, di kancah balap nasional dan regional, motor ini adalah sosok legendaris, bahkan disebut mitos karena keunggulannya merebut berbagai gelar.

Saat dirilis, motor ini dijual Rp 13 jutaan untuk menghadapi Honda Blade 110R, Suzuki Smash dan Yamaha Jupiter Z. Ada dua model yang dilepas dengan harga Rp 13, 8 juta untuk tipe casting wheel, dan Rp 12, 9 untuk tipe spoke wheel.

Dari segi desain, pihak Kawasaki mengungkapkan sosok futuristik dari Edge idenya diambil dari pesawat jet ini dirasa cocok dengan konsumen Indonesia. Desain yang Radical, Sharp dan Edgy yang khusus didesain untuk pasar Indonesia.

Sedangkan mesinnya memakai platform legendaris dari Kawasaki Kaze, yakni bertipe 4 langkah SOHC 2-valve berkapasitas 112 cc, karburator berpendingin udara. 

BACA JUGA:Yamaha NMax Turbo Dijejali Beragam Sensor, Boros Aki Nggak Nih?

BACA JUGA:Apa Sih Bedanya Kawasaki W175 Biasa dan W175 Street? Simak Yuk!

Tenaganya 8,30 HP di 8.000 rpm serta torsi 8,13 Nm per 6.500 rpm yang disalurkan melalui transmisi semi otomatis 4 percepatan return/ N-1-2-3-4-N. Kawasaki Edge memiliki Bobot 104 kg, dengan tangki BBM berkapasitas 4,4 liter.

Bradsis masih ada melihara? Kabarnya kini motor ini mulai digoreng dengan banderol bekas di atas Rp 6 juta dengan kondisi apik.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya