Begini Cara Kerja TCS Yamaha AEROX 155 Traction Sistem Kontrol

Begini Cara Kerja TCS Yamaha AEROX 155 Traction Sistem Kontrol

Begini Cara Kerja TCS Yamaha AEROX 155 Traction Sistem Kontrol---Istimewa

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Yamaha Aerox 155 VVA di India hadir dengan fitur TCS yang merupakan singkatan dari Traction Control System yang mengurangi kemungkinan ban belakang selip saat berakselerasi untuk kenyamanan dan keselamatan.

Yamaha India menyebut Yamaha AEROX 155 versi 2023 terbaru yang dilengkapi dengan Traction Control System (TCS) akan membantu memaksimalkan kinerja dengan meminimalkan putaran roda selip dan kontrol yang lebih baik dalam kondisi berkendara apa pun.

Lantas bagaimana nih cara kerja TCS Yamaha AEROX 155? 

Cara Kerja TCS Yamaha AEROX 155 Traction Control

Tanpa perlu basa basi, cara kerja Traction Control System aka TCS di sepeda motor itu cukup sederhana yaitu ECU akan membaca putaran ban depan dan belakang secara aktual aka real time.

BACA JUGA:Intip Keunggulan Aerox 155 yang Bikin Pengguna Motor Sport Beralih Pakai Matik

Jika ada perbedaan putaran berlebih pada ban belakang alias ban selip, maka ECU akan ECU akan memundurkan waktu pengapian serta menghentikan supply/ pasokan bahan bakar sementara, hasilnya tenaga mesin dan putaran ban belakang berkurang sehingga dapat menghindari kemungkinan terjatuh akibat slip dan indikator TCS pada panel meter akan bekerja.

Sudah jelas bukan kalau komponen utama dari TCS sepeda motor ada di ECU dan juga speed sensor. Lantas bagaimana nih komponen TCS Yamaha AEROX 155 VVA mengingat rem belakang masih tromol, ini dia detailnya :

Untuk sensor speed roda depan juga untuk sensor ABS single channel serta sensor speed untuk TCS dengan pulser ring yang kentara.

Lalu bagaimana untuk sensor speed TCS roda belakang Yamaha AEROX 155 India?

Ternyata eh ternyata, Yamaha AEROX 155 India menggunakan sensor speed yang sama dengan Yamaha NMAX ABS

Yamaha AEROX 155 India menggunakan pelek belakang khusus dengan dudukan speed sensor guna menampung pulser ring sebagai masukan untuk sensor speed roda belakang.

Selain itu, Yamaha AEROX 155 India versi TCS ini pakai swing arm All new NMAX yang ditandai dengan hadirnya lubang yang sejatinya untuk rem cakram belakang NMAX.

BACA JUGA:'Kloningan' Yamaha Aerox 175cc Cakram Belakang, Cek Harganya

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: