Jangan Sampai Tertipu Saat Beli Motor Bekas, Simak Tipsnya di Sini

Jangan Sampai Tertipu Saat Beli Motor Bekas, Simak Tipsnya di Sini


Mio Sporty dan Ninja SS yang berubah jadi motor listrik di GIIAs 2022||

Apabila sama belum tentu motor tersebut asli, Perhatikan lebih jelas apakah nomor rangka & mesin motor adalah asli dan bukan ketokan kasar (biasa penjual atau penadah motor curian mengubah nomor rangka dan mesin dengan cara di ketok)

3. Periksa Surat-Surat

Pada saat mengecek kondisi motor, ada beberapa hal yang harus diketahui. Pertama adalah soal surat-surat kendaraan. Berkas yang dicek adalah STNK dan juga BPKB harus sesuai dengan plat motor dan nama pemilik. 

BACA JUGA:Sprint Race akan Digelar di MotoGP 2023, Berikut Aturannya

BACA JUGA:Catat, Ini 8 Pelanggaran yang Ditindak Polisi di Jalan Raya

Melalui BPKB Anda akan tahu apakah kendaraan sudah sering diperjualbelikan atau baru di tangan pertama. Mengetahui surat ini bertujuan agar tidak membeli motor curian.

4. Cek Kondisi Fisik dan Mesin

Periksa kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Usahakan juga akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah parts orisinil.

Kondisi yang bagus tentu saja bebas goresan, penyok, atau retak yang menjadi tanda kendaraan pernah jatuh atau bertabrakan. Tanyakan apakah semua suku cadang yang digunakan masih asli dan tidak ada perubahan.

BACA JUGA:Indonation MX GTX West Java Siap Digelar Pekan Ini, Sirkuitnya Lebih Menantang

BACA JUGA:FOCI Chapter Yogyakarta Resmi Terbentuk, Pengguna Yamaha Fazzio Kini Makin Eksis

Tips membeli motor bekas selanjutnya adalah mengetahui kondisi oli dari kendaraan. Cek apakah jumlah oli berlebihan atau tidak. Oli yang kondisinya masih bagus akan bekerja baik dalam meredam suara mesin. 

Jadi akan lebih baik untuk menyalakan kendaraan. Selain itu, cek kapasitas oli dari pengukur batas maksimal yang biasanya terdapat pada penutup oli. Langkah ini penting agar tahu bahwa kendaraan masih menggunakan oli yang bagus.

+++++

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: motorexpertz