Awas! Motor Injeksi Kehabisan Bensin Bisa Berakibat Fatal, Ini Penjelasannya

Awas! Motor Injeksi Kehabisan Bensin Bisa Berakibat Fatal, Ini Penjelasannya

Dampak Motor Injeksi Sering Kehabisan Bensin, Jangan Sampai Terjadi --astramotor.co.id

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Bagi kalian memiliki kendaraan motor injeksi jangan sampai sering kehabisan bahan bakar minyak (BBM) atau bensin, bisa membahayakan motor.

Motor injeksi merajalela di jalanan, motor ini sebuah kendaraan yang mengedepankan teknologi canggih di bagian mesin pembakarannya, yaitu dengan mengendalikan injector untuk menyediakan bahan bakar kendaraan ke mesin.

Motor injeksi menjadi pilihan karena penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien dan mesin yang membuat pembakaran berjalan lebih optimal.

Namun, di balik kelebihannya, motor injeksi juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu yang paling sering dikhawatirkan adalah dampaknya jika motor injeksi kehabisan bensin. Berbeda dengan motor karburator yang cukup didorong dengan bensin cadangan, motor injeksi memiliki sistem yang lebih kompleks dan sensitif.

Berikut ini akan memberikan dampak motor injeksi yang sering kehabisan bensin.

BACA JUGA:Yamaha MX King 2024, Motor Bebek Gahar yang Siap Meluncur, Segini Harga Jualnya

BACA JUGA:Sanksi Tegas Juru Parkir Liar: Memeras Pemotor Bisa Dipenjara Hingga 9 Tahun

Akibat Motor Injeksi Habis BBM 

Dilansir dari mypertamina.id, Motor injeksi mengumpulkan bahan bakar dari pemompaan dinamo untuk mendukung kinerja mesin optimal.

Tangki BBM memerlukan pendingin dari bahan bakar. Jika tangki BBM habis akan membuatkan tidak lagi memperoleh pendingin dan membuat cara kerjanya jadi dipaksakan.

Selain itu jika tangki BBM habis dapat menyebabkan kerja pompa BBM jadi cepat panas dan lebih berat, sehingga timbul kerusakan. Tapi fungsi pompa bahan bakar adalah mendistribusikan bahan bakar ke mesin.

Jika sudah terjadi kerusakan, harus mengganti pompa tersebut dan biasanya biaya yang perlu dikeluarkan cukup mahal.

Akibat lain dari keseringan motor injeksi habis BBM yaitu akan membuat pompa bahan bakar jadi mudah berkarat. Kondisi ini disebabkan dari kotoran yang terdapat dalam tangki motor jadi mudah dihisap oleh pompa bahan bakar. Hasilnya motor jadi brebet ketika bahan bakarnya ingin habis.

BACA JUGA:Sepi Peminat Bikin Konversi Motor Listrik Digratiskan, Tertarik Bikin?

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: