Yuk Mulai Mengenal Fungsi Roller Pada Motor Matic, Begini Penjelasannya

Yuk Mulai Mengenal Fungsi Roller Pada Motor Matic, Begini Penjelasannya

• Rutin Mengganti Oli Transmisi 

Selain oli mesin ada juga oli transmisi yang dibutuhkan sepeda motor matic. Oli ini berfungsi untuk melumasi semua komponen transmisi termasuk roller. Tanpa adanya oli ini maka semua komponen baik roller dan di dalam CVT bisa cepat aus. 

Oleh karena itu oli transmisi ini juga harus diganti secara rutin sesuai dengan saran dari teknisi bengkel. Biasanya oli transmisi ini harus diganti setiap 8.000 km sekali. Jadi perhatikan apakah motor kalian sudah mencapai jarak tersebut. 

Tanda-Tanda Roller Sepeda Motor Matic Minta Diganti 

Ketika kalian jarang melakukan perawatan sepeda motor, roller pada CVT sudah pasti cepat aus. Kalian bisa mengenali tanda kapan roller harus diganti, karena ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan sebagai berikut:

• Muncul Suara Kretek-Kretek

Ciri pertama adalah munculnya suara kretek-kretek pada bagian CVT. Tandanya roller sudah tidak memiliki bentuk bulat lagi dan bergesekkan dengan rumah roller. Segera ganti jika suara ini muncul. 

• Motor Terasa Berat

Motor tiba-tiba terasa lebih berat padahal kalian sudah menarik gas cukup dalam? Artinya terdapat masalah pada bagian roller motor dan harus segera diganti. Efeknya bahan bakar pun akan menjadi lebih boros. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: