Yuk Mulai Mengenal Fungsi Roller Pada Motor Matic, Begini Penjelasannya

Yuk Mulai Mengenal Fungsi Roller Pada Motor Matic, Begini Penjelasannya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Sudah tahu sistem CVT yang digunakan pada motor matic? Sistem inilah yang membuat perpindahan gigi terjadi secara otomatis. Di dalam komponen CVT ini terdapat roller yang memiliki peran penting. 

Fungsi roller pada motor matic adalah menciptakan tekanan pada pulley agar dapat bergerak. Kalian  yang menggunakan motor matic seharusnya mengetahui bagaimana cara kerja dan fungsi dari roller. 

Yuk langsung saja simak selengkapnya mengenai fungsi roller, caranya bekerja sampai perawatannya. 

BACA JUGA:Akhirnya Suzuki Luncurkan Motor Matic Bergaya Klasik

Apa Saja Fungsi Roller Pada Motor Matic?

Kelebihan dari motor matic adalah sistem otomatis, sehingga pengendara hanya perlu mengendalikan gas dan rem. Komponen CVT atau Continuously Variable Transmission menjadi sistem vital dalam menciptakan perpindahan gigi otomatis. 

Perpindahan roda gigi ini terjadi dengan mendeteksi perubahan RPM mesin. Setiap CVT memiliki tiga bagian yaitu drive belt, pulley primer, pulley sekunder. Komponen pulley primer terhubung dengan mesin. 

Sedangkan pulley sekunder berhubungan dengan roda belakang. Keduanya bisa memiliki diameter yang berubah-ubah. Perubahan pulley ini dapat terjadi berkat roller yang bekerja. 

Besar sekali peranan roller ini pada sistem CVT. Apabila dirangkum ada tiga macam fungsi roller yang penting yaitu sebagai berikut:

• Pergerakan Variator jadi Semakin Mudah 

Fungsi yang pertama adalah untuk memudahkan variator bergerak. Variator adalah komponen yang bekerja dalam proses pergerakan sepeda motor. Supaya variator dapat bergerak dengan baik maka kondisi roller juga harus bulat. 

BACA JUGA:5 Kebiasaan yang jadi Faktor CVT Motor Matic Cepat Rusak

Ketika roller bentuknya sudah tidak bulat lagi maka variator tidak bisa bergerak dengan mudah. Kalian  yang mengendarai motor pun akan merasa terganggu dengan laju kendaraan. 

Ketika roller sudah tidak berbentuk bulat lagi lebih baik untuk menggantinya supaya jalannya sepeda motor bisa lebih lancar. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: