5 Cara Merawat Motor Baru yang Wajib Diperhatikan

5 Cara Merawat Motor Baru yang Wajib Diperhatikan

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Servis rutin memang menjadi agenda rutin yang wajib dilakukan pemilik sepeda motor jika ingin kendaraannya awet.

Untungnya setiap sepeda motor baru akan dilengkapi dengan layanan servis gratis yang bisa diakses di bengkel resmi. 

Layanan gratis servis selama beberapa bulan tersebut tentu saja harus kalian manfaatkan agar motor tetap terawat.

BACA JUGA:Simak 7 Langkah Ini Sebelum Membeli Motor Baru

Tak hanya motor baru, tetapi kalian juga harus memperhatikan jadwal servis motor yang selama ini digunakan. 

Namun bagi kalian yang baru saja beli motor baru, bukan hanya servis saja yang perlu diperhatikan. Ada beberapa cara merawat motor baru yang penting, apa saja itu? 

1. Panaskan Motor Pagi Hari sebelum Dikendarai

Saat motor pertama kali tiba di rumah, kalian perlu untuk menyalakan kendaraan terlebih dahulu. Kalian bahkan bisa langsung mencoba mengendarainya untuk tahu apakah semua fiturnya bekerja dengan baik. 

 

Tak hanya menyalakan motor saat baru tiba, setiap pagi sebelum berkendara sebaiknya panaskan motor terlebih dahulu. Mesin motor yang dingin setelah semalaman harus dipanaskan terlebih dahulu. 

Proses pemanasan ini akan membuat mesinnya siap bekerja dan kinerjanya lebih meningkat. Kalian hanya perlu memanaskan motor setidaknya 5 menit sebelum jalan. Cara memanaskan yang benar juga tidak boleh memutar gas berkali-kali. 

Cukup diamkan saja motor menyala dan pastikan kalian memanaskannya di ruang terbuka. Sehingga emisi gas buang tidak memenuhi ruangan. Cukup dengan rutinitas ini saja, motor baru kalian akan lebih awet. 

2. Jangan Lupa Pilih Bahan Bakar Kualitas Bagus

Cara merawat motor baru yang kedua adalah soal pemilihan bahan bakar. Saat kalian membeli motor, dealer akan memberikan arahan bahan bakar terbaik. Namun tetap menjadi keputusan kalian, jenis bahan bakar apa yang akan digunakan. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: