5 Cara Merawat Motor Baru yang Wajib Diperhatikan

5 Cara Merawat Motor Baru yang Wajib Diperhatikan

Pilihlah area yang memiliki atap sehingga motor akan lebih terlindungi. Kalian juga bisa menggunakan tutup sepeda motor ketika memarkirkannya di saat cuaca terlalu panas. tapi hindari cara tersebut jika musim hujan agar tidak muncul jamur di body motor. 

5. Jangan Membawa Beban Berlebihan

Bagaimana cara kalian menggunakan sepeda motor memiliki pengaruh yang sangat besar untuk tingkat keawetannya. Salah satunya adalah banyak beban yang harus ditopang oleh kendaraan baru. 

BACA JUGA:Intip 10 Tips Sebelum Membeli Motor Baru, Perhatikan Poin Ini Biar Nggak Nyesel!

Ketika kalian akan berkendara jarak jauh, akan lebih baik untuk mengecek kembali muatan. Setiap motor memiliki batas muatan yang berbeda-beda. Jangan sampai kalian membawa beban yang lebih dari batas tersebut. 

Beban yang berlebihan akan membuat mesin bekerja keras dengan tenaga yang sudah optimal. Apalagi ditambah jarak yang ditempuh cukup jauh. Jika kalian melakukannya terus menerus mesin motor bisa cepat jebol. 

Dampak lainnya adalah frame motor akan lebih cepat rusak. Suspensi juga cepat rusak karena tidak mampu menopang banyak beban. Jika kalian tidak ingin motor kesayangan cepat rusak, sebaiknya hindari membawa banyak barang.

3 Kebiasaan Buruk Menggunakan Motor yang Harus Dihindari 

Selama kalian berkendara, ada beberapa kebiasaan buruk yang mungkin tanpa sadar dilakukan. Salah satu contohnya adalah membawa banyak barang agar kalian tidak bolak balik. Namun cara tersebut salah karena akan merusak mesin motor. 

BACA JUGA:Deretan Motor Baru dan Program Seru Bakal Meriahkan IMOS+ 2023

Cara merawat motor baru juga bisa dengan cara menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Lalu apa saja kebiasaan yang harus kalian sadari dan tidak dilakukan saat berkendara? 

• Selalu Meletakkan Jari pada Tuas Rem

Jika kalian melihat pengemudi motor lainnya pasti banyak yang memiliki kebiasaan ini. Banyak orang menganggap bahwa meletakkan jari di tuas rem akan membuat mereka lebih sigap untuk melakukan pengereman mendadak. 

Sayangnya kebiasaan ini justru tidak baik karena pengereman mendadak apalagi posisi motor masih kencang bisa menimbulkan selip. Tak hanya itu tetapi juga bisa membuat kecelakaan beruntun. 

Jadi supaya aman sebaiknya kalian tidak selalu meletakkan jari pada tuas rem. Dengan begitu pengereman justru bekerja lebih efektif. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: