5 Cara Merawat Motor Baru yang Wajib Diperhatikan

5 Cara Merawat Motor Baru yang Wajib Diperhatikan

BACA JUGA:Bagaimana Cara Cek Ban Motor Baru dengan Ban Rekondisi? Coba Lihat Kode Ini

Bahan bakar akan memberikan pengaruh besar terhadap keawetan mesin. Khususnya untuk motor yang sudah menggunakan mesin injeksi. Bahan bakar yang berkualitas adalah yang beroktan tinggi. 

Minimal adalah oktan 90 yang mampu meminimalisir munculnya kerak. Karena bahan bakar akan meninggalkan kerak setelah proses pembakaran pada injector. Bahan bakar dengan oktan tinggi mampu menciptakan pembakaran sempurna. 

Tak hanya itu saja, bahan bakar yang bagus juga mampu menciptakan tenaga lebih besar. Ditambah lagi bahan bakar jadi lebih irit dibandingkan yang oktannya rendah.

3. Rutin Membersihkan Motor 

Apakah kalian sudah rutin membersihkan motor usai dipakai? Baik itu mencuci motor maupun mengelapnya. Penting bagi pemilik untuk membersihkan motor supaya tampil lebih menarik. Tak hanya itu saja kotoran seperti debu atau lumpur yang mudah menempel bisa menjadi kerak. 

BACA JUGA:Faktor Utama Aki Motor Baru Bisa Soak, Dua Kesalahan Fatal Ini Jadi Penyebabnya

Apabila kalian tidak rajin membersihkan motor, kerak tersebut akan menjadi sumber jamur pada body dan mesin. Kerak juga sangat berbahaya jika muncul pada bagian kampas rem. Rajin membersihkan akan membuat kalian tahu apakah terjadi kerusakan pada motor. 

Cukup dengan mengelap motor usai digunakan jika kalian baru saja melewati area berlumpur. Bisa juga menyiramnya dengan sedikit air dan segera mengeringkan motor. Namun jika cuaca hujan kalian harus lebih sering mencuci motor. 

Cucilah menggunakan shampo motor khusus sehingga air hujan yang sifatnya basa tidak merusak body motor. Gunakan sikat lembut untuk menghilangkan lumpur yang mengeras. Cuci bersih sampai pada bagian di bawah slebor. 

4. Hindari Parkir di Ruang Terbuka 

Cara merawat motor baru yang keempat adalah menghindari motor dari paparan sinar matahari. Bagaimana jika kalian harus menggunakan motor pada saat siang hari? Tidak masalah jika kalian mengendarainya. 

BACA JUGA:Penggunaan Aki Motor Baru Tidak Boleh Asal Pasang, Ini Alasannya

Hanya saja jangan parkir kendaraan di ruang terbuka yang langsung terpapar sinar matahari. Sinar UV dapat merusak lapisan coating pada body motor dengan sangat cepat. Cat motor jadi mudah kusam yang membuat tampilannya tidak menarik. 

Selain itu kerusakan pada bagian kaca speedometer juga dapat dihindari. Biasanya kaca speedometer akan mudah bergaris jika terlalu sering terkena sinar matahari. Oleh karena itulah kalian wajib memperhatikan kondisi tempat parkir. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: