4 Masalah yang Sering Terjadi Pada Komponen Kelistrikan Motor

4 Masalah yang Sering Terjadi Pada Komponen Kelistrikan Motor

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Terdapat berbagai masalah yang kerap kali terjadi pada kendaraan bermotor. Tidak selalu motor dalam kondisi prima, pasti terkadang ada beberapa komponen yang bermasalah, baik itu komponen mesin atau komponen kelistrikannya. Namun, kendala yang sering ditemui biasanya berkaitan dengan aki maupun sekring motor.

Apabila komponen kelistrikan motor sudah mengalami kendala, maka kalian  pasti perlu mengeluarkan budget untuk biaya perawatan. Mengingat komponen lisrik ini memiliki peran yang penting dalam berkendara.

Berikut adalah masalah yang sering terjadi pada komponen kelistrikan motor yang mungkin saja belum kalian  ketahui. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA:Yuk Ketahui Ini Fungsi Throttle Body Motor & Komponennya

Masalah yang Sering Terjadi Pada Komponen Kelistrikan Motor

1. Bendik

Bagi kalian  yang tidak terlalu paham tentang otomotif, istilah bendik mungkin masih terasa asing bagi kalian. Bendik merupakan salah satu komponen motor. Fungsi dari komponen ini adalah untuk menyambungkan arus listrik yang berasal dari aki untuk kemudian dilanjutkan pada dinamo starter kendaraan.

Bendik merupakan sebuah komponen yang sering terjadi masalah ketika berkendara. Kalian  akan sulit untuk menyalakan/ starter motor apabila bendik ini bermasalah. Biasanya jika bendik mengalami gangguan, maka ia akan mengeluarkan bunyi berisik ketika motor ditarik starternya.

2. Kiprok (Regulator)

Selanjutnya adalah kiprok atau regulator yang juga kerap terjadi masalah saat digunakan dalam berkendara. Kiprok merupakan komponen yang letaknya berbeda di masing-masing jenis motor. Jadi, ketika kalian  mau mengecek kiprok, maka kalian  perlu mengetahui dulu letak kiprok di motor kalian.

Kiprok berfungsi untuk menstabilkan arus listrik yang kemudian berlanjut ke bagian aki. Untuk itu, tidak heran jika kiprok rusak, maka lampu motor akan redup dan sulit dinyalakan. Bahkan jika arus listrik yang masuk ke dalam aki terlalu tinggi hal ini dapat menyebabkan lampu utama pada motor menyala terlalu terang dan nantinya membuat aliran kabelnya terputus.

BACA JUGA:Ternyata Ini Fungsi dan Komponen Armature Pada Motor

3. Flasher

Flasher juga merupakan komponen kelistrikan yang ada pada motor. Komponen ini juga kerap kali bermasalah, padahal fungsi flasher sangat vital bagi motor. Flasher berkaitan erat dengan fungsi utama dari lampu sein.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: