Lampu Kolong Motor: Simak Pengertian, Fungsi dan, Cara Pasangnya!

Lampu Kolong Motor: Simak Pengertian, Fungsi dan, Cara Pasangnya!

BACA JUGA:5 Tips Panduan Memilih Lampu Motor LED yang Tepat

• Pemasangan Lampu Kolong Tanpa Saklar

Pemasangan lampu kolong atau LED yang pertama yaitu tanpa saklar atau otomatis. Jadi, kalian harus memasang arus listrik di bagian lampu senja. Apabila lampu tidak dinyalakan, maka lampu tambahan ini juga tidak akan menyala. 

Cara ini berlaku untuk jenis motor tahun 2012 ke bawah. Pasalnya, kondisi motor memiliki lampu dengan saklar manual, sehingga lampu tidak menyala terus-menerus. Pemasangan tanpa saklar ini juga lebih boros dalam sistem kelistrikan kendaraan karena kerja lampu mengikuti lampu utama.

• Pemasangan Lampu Kolong Dengan Saklar

Sedangkan untuk jenis motor tahun 2012 ke atas, kalian bisa memasang lampu kolong dengan bantuan saklar. Saklar manual tersebut bisa dimanfaatkan jika ingin mematikan atau menyalakan lampu kolong yang tidak berhubungan langsung dengan lampu rem dan lampu senja. 

Cara kedua ini lebih aman karena bisa dinyalakan dan dimatikan jika dibutuhkan melalui saklar. Instalasi lampu kolong menggunakan saklar bisa dinyalakan di siang atau malam hari. Pemakaian aki motor pun akan jauh lebih hemat karena lampu kolong tidak mengikuti lampu utama yang menyala. 

BACA JUGA:5 Keuntungan Lampu LED untuk Motor yang Wajib Kamu Tahu

Fungsi saklar yaitu untuk menyalakan dan mematikan lampu secara manual. Pemasangannya juga perlu diperhatikan. Saklar lampu menjadi tombol jarak jauh yang bisa dijangkau saat mengemudi. 

Tipe dan Harga Lampu Kolong di Pasaran

Apabila Anda berniat untuk memodifikasi motor dengan tambahan lampu kolong atau lampu LED, maka wajib untuk mengetahui tipe-tipe lampu kolong beserta harganya di pasaran. Hal ini bisa dijadikan bahan referensi sebelum instalasi. 

Harga lampu aksesoris tersebut bervariasi, karena memiliki kisaran yang berbeda-beda jika dijual di marketplace maupun bengkel.

Berikut ini adalah beberapa tipe lampu LED yang banyak ditemui dan dicari di pasaran yang bisa Anda ketahui.

BACA JUGA:Viral! Berasa Jadi Raja Jalanan, Rombongan Motor Gede Cuek Terobos Lampu Merah

• Lampu LED Paralel

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: