Lampu Kolong Motor: Simak Pengertian, Fungsi dan, Cara Pasangnya!

Lampu Kolong Motor: Simak Pengertian, Fungsi dan, Cara Pasangnya!

• Penerang Sektor Bawah

Karena pemasangannya berada di posisi bawah motor, maka manfaat lampu kolong ini yaitu untuk menerangi sektor bawah. Selain itu, jangkauan penerangannya juga cukup jauh untuk melihat keadaan jalan yang dilewati. 

Jadi, kehadiran lampu aksesoris ini untuk keperluan scouting atau untuk mengarahkan kendaraan saat digunakan malam hari. Dengan penerangan yang cukup di luar lampu standar, maka apapun yang ada di bagian bawah sekitar ban dan obstacle akan lebih terlihat jelas. 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Lampu Kolong

Jika tertarik untuk memasangnya, maka perhatikan beberapa hal penting. Sebelumnya, kalian harus mengenali kondisi motor terlebih dahulu.

BACA JUGA: Jangan Abaikan! 5 Tanda-Tanda Lampu Motor Butuh Diganti

Dalam pemasangan sendiri, beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain gunting, isolasi, kabel hitam dan merah minimal 1 meter, dan saklar.

Untuk langkahnya, pertama kalian harus membuka bagian cover belakang motor. Pada lampu rem terdapat 3 kabel, yaitu kabel lampu rem, lampu senja, dan kabel body.

Nah, cari dulu kabel yang terhubung dengan lampu senja, karena lampu kolong bekerja bersama lampu senja. 

Setelah menemukan posisi lampu senja, selanjutnya temukan kabel body. Kabel body umumnya terpisah dengan lampu senja. Lampu body bertegangan negatif (-). Langkah rinci selanjutnya akan dijelaskan pada pembahasan di bawah untuk merangkai lampu tambahan tersebut.

BACA JUGA:Ini Respons Cepat Atasi Masalah Pada Lampu Indikator Suhu Mesin Motor

Cara Memasang Lampu Kolong Motor

Cara pasang lampu kolong motor bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan saklar atau tanpa saklar. Tiap cara tersebut memiliki langkah masing-masing. Ada pula kelebihan dan kekurangan pada kedua cara ini. 

Kali ini, akan dijelaskan bagaimana tips yang benar dalam memodifikasi motor dengan lampu LED.

Lampu kolong motor yang dipasang dengan sesuai akan memperlihatkan cahaya menyala di bawah kendaraan sehingga terlihat lebih mengesankan. Berikut 2 cara  pemasangannya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: