Mesin Motor Mulai Berisik? Jangan Lupa Cek Bagian Dibawah Ini, Bradsis!

Mesin Motor Mulai Berisik? Jangan Lupa Cek Bagian Dibawah Ini, Bradsis!

JAKARTA, MOTOREXPPERTZ.COM- Sering kali seseorang tak memperhatikan jika motornya mengeluarkan suara yang bising untuk didengar.

Biasanya, keluarnya suara bising tersebut lantaran ada yang mengalami kerusakan pada bagian motor itu tertentu, bradsis.

Lantas, bagian apa saja yang perlu dicek jika motor mengelurkn suara yang bising?

BACA JUGA:Puluhan Peserta Antusias Meriahkan FreeGo Talkshow Medan

1. CVT motor kotor

Penyebab pertama mungkin berasal dari Continuously Variable Transmission (CVT) motor yang kotor. Kotoran tersebut biasanya berasal dari debu atau lumpur yang menempel dan bisa juga karena kampas ganda pada motor mulai bermasalah. Cek dengan seksama ya. Jika tidak sempat, sebaiknya kamu ke bengkel saja.

2. Timming chain kendor

Timming chain adalah rantai yang terletak disamping mesin (biasanya disamping kiri mesin). Rantai ini dipakai untuk menghubungkan poros engkol dengan poros nok.

BACA JUGA:Daftar Harga Skutik Murah Juli 2023, Dana Terbatas Bisa Dapat Motor Impian

Yang namanya rantai (berbahan besi) pasti bisa kendor/molor apalagi letaknya didalam mesin yang merupakan sumber panas. Hasilnya, seperti rantai roda, jika molor akan menimbulkan bunyi gemercik dan klotok-klotok yang kurang nyaman didengar.

Tapi sebenarnya, hal ini sudah diperhitungkan oleh para insinyur saat mendesain mesin dengan adanya komponen penegang/tensioner. Tensioner akan menarik timming chaih hingga tidak kendor. Tapi tensioner ini juga bersifat terbatas. Jika pemuaian timming chaih lebih besar atau pegas tensioner aus, maka bunyi ini bisa muncul.

3. Celah katup terlalu lebar

Celah katup/klep adalah gap atau jarak antara ujung batang katup dengan ujung rocker arm dalam posisi katup tertutup (free). Celah ini umumnya memiliki nilai sekitar 0,2 hingga 0,3 mm.

BACA JUGA:2 Rider AHRT Siap Turun di Suzuka 4 Hours Endurance, Jepang Pekan Ini

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: