Terlihat Sepele, Ternyata Ini Fungi Utama Pentil Ban Motor

Terlihat Sepele, Ternyata Ini Fungi Utama Pentil Ban Motor

Komponen sil karet ini berfungsi sebagai penahan angin agar angin di dalam ban tidak bocor atau keluar. Jika sil karet rusak bisa mengakibatkan kebocoran halus. Ketika bagian dalam ban terisi kotoran, juga bisa menimbulkan kesulitan saat akan dilakukan pengisian angin.

Karenanya kebersihan pentil perlu diperhatikan. Meskipun sudah memakai penutup, kebersihannya wajib dijaga.

+++++


Pentil motor ternyata menyimpan berbagai kegunaan|Wahana Honda Motor|

Tekanan Angin Terjaga

Fungsi lain dari tutup pentil motor atau mobil yaitu untuk menjaga tekanan angin dalam ban agar angin tidak keluar atau bocor.  Walaupun tanpa ditutup, angin dalam ban tak akan keluar. Dengan ditutup, ini akan mencegah keluarnya angin saat terjadi tekanan tak terduga.

Jika dalam perjalanan, ban motor sangat mungkin  akan melindas batu atau benda lain yang membuat roda tertekan.  Jika ini terjadi dan pentil tidak memiliki penutup, angin dalam ban yang tertekan akan keluar.

BACA JUGA:Harga BBM Naik, Pom Bensin Vivo akan Hapus Revvo 89 Tahun Depan, Kenapa ?

BACA JUGA:Promo Spesial Buat Konsumen Loyal Yamaha di Hari Pelanggan Nasional

Berbeda saat pentil ditutup, tekanan angin tak akan bisa keluar karena terhalang, sehingga ban tidak kempes. Dengan pentil yang ditutup juga akan mencegah terjadinya rembesan udara dari dalam yang mungkin terjadi.

Cegah Ban Pecah

Tak hanya untuk menjaga tekanan angin dalam ban, pentil perlu ditutup agar terhindar dari kemungkinan ban pecah. Saat kendaraan digunakan untuk melaju di jalanan, perlu tekanan ban yang ideal. Jika tekanan udara pada ban berkurang, ini akan membuatnya menjadi tidak stabil.

BACA JUGA:Promo Spesial Buat Konsumen Loyal Yamaha di Hari Pelanggan Nasional

BACA JUGA:Fabio Quartararo Puas dengan Performa M1 di Tes Misano

Kondisi yang demikian bisa membahayakan pengendara. Pasalnya, dalam kondisi tersebut kawat penyangga pada ban akan bekerja lebih guna menahan beban ekstra yang disebabkan tekanan udara berkurang. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: wahana honda