Fungsi Relay Lampu Pada Motor, Sepele Tapi Harus Tahu!

Fungsi Relay Lampu Pada Motor, Sepele Tapi Harus Tahu!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Dengan memasang 1 relay lampu motor maka lampu kendaraan bisa terlihat lebih terang. Menariknya lagi, kalian bisa memasang komponen ini sendiri tanpa harus meminta bantuan teknisi.

Tentunya, pemasangan relay ini harus tepat agar bisa berfungsi dengan baik dan maksimal. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kondisi kabel lampu dekat dan lampu jauh pada soket serta warna-warna kabel yang beragam, tergantung dari jenis motor yang digunakan.

Sebenarnya, sulitkah untuk memasang relay tersebut? Agar tidak penasaran, simak cara pemasangan relay lampu motor berikut ini.

BACA JUGA:Kenali Dulu Berbagai Jenis Lampu Motor, Jangan Asal Pilih!

Begini Alasan Dan Fungsi

1. Relay Lampu Motor 

Di dunia otomotif, komponen ini biasa digunakan pada motor dan mobil untuk meningkatkan kinerja klakson dan lampu. Berikut penjelasan alasan dibutuhkannya relay, fungsi, serta cara memasangnya. 

 Alasan Menambahkan Relay Pada Lampu Motor

Ada beberapa alasan yang mendasari kenapa komponen tambahan ini dipasang pada motor. Pertama, agar tidak perlu mengganti lampu motor pabrikan dengan Halogen dan HID yang harganya cukup tinggi untuk ukuran sebuah lampu. 

Kedua, saat pengguna merasa performa lampu bawaan pabrik dirasa kurang memuaskan atau sudah tidak lagi optimal. 

• Fungsi Relay 

Walau bentuk fisiknya cukup mungil, namun komponen relay ini memiliki beberapa fungsi yang cukup penting dalam meningkatkan kinerja motor. Berikut berbagai fungsi dari relay yang dipasang pada motor yang perlu kalian ketahui. 

1. Mencegah Konsleting 

Fungsi pertama yang bisa dirasakan jika memasang 1 relay lampu motor adalah bisa mencegah terjadinya konsleting. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: