Ini Alasan Harga BBM Pertamina Tak Ikutan Naik Per 1 Mei 2024

Ini Alasan Harga BBM Pertamina Tak Ikutan Naik Per 1 Mei 2024

Update Harga BBM Per 1 Mei 2024-My Pertamina-My Pertamina

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - PT Pertamina Patra Niaga secara resmi telah mengumumkan daftar harga terbaru untuk bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi, termasuk Pertamax Series dan Dex Series, yang berlaku mulai Rabu, 1 Mei 2024. 

Menurut Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, tidak ada perubahan harga BBM per tanggal 1 Mei 2024. Padahal para pesaingnya dari perusahaan minyak swasta kompak menaikan harga.

Saat ini, harga Pertamax adalah Rp 12.950 per liter, Pertamax Green 95 Rp 13.900 per liter, dan Pertamax Turbo Rp 14.400 per liter.

Sementara itu, harga Dexlite sebesar Rp 14.550 per liter dan Pertamina Dex Rp 15.100 per liter.

Harga-harga tersebut berlaku di wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen.

BACA JUGA:Ini Harga BBM Pertamina Seluruh Indonesia Per 1 April 2024

Selain itu, harga BioSolar dan Pertalite juga tidak mengalami kenaikan pada 1 Mei 2024. 

Meskipun harga minyak dunia naik dan nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS, PT Pertamina melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Patra Niaga, memutuskan untuk tidak menaikkan harga BBM. 

Irto menjelaskan bahwa keputusan ini didasarkan pada Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022.

Dalam keputusan tersebut, formulasi harga BBM dipengaruhi oleh nilai tukar dolar AS dan Mean of Plats Singapore (MOPS).

Dengan demikian, PT Pertamina Patra Niaga tetap komitmen untuk memberikan harga BBM yang stabil kepada masyarakat, meskipun kondisi ekonomi global menunjukkan adanya peningkatan harga minyak dunia dan pelemahan nilai tukar rupiah. 

Irto menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengikuti regulasi yang ada serta menjaga kestabilan harga BBM demi kepentingan bersama.

BACA JUGA:BBM Penganti Pertalite dengan RON 92, Akan Dijual dengan Harga Rp 10.000?

Sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan profesional, Pertamina Patra Niaga menyadari pentingnya menjaga harga BBM agar tetap terjangkau bagi masyarakat. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: