Fungsi Relay Lampu Pada Motor, Sepele Tapi Harus Tahu!

Fungsi Relay Lampu Pada Motor, Sepele Tapi Harus Tahu!

BACA JUGA:Ada 6 Poin Penting Saat Berkendara Motor di Lampu Merah, AWAS Ketilang!

Walau tidak semua relay berfungsi untuk melindungi perangkat listrik, namun rata-rata relay keluaran terbaru sudah dibekali dengan pelindung sehingga mampu mencegah timbulnya korsleting listrik

Adanya arus pendek tersebut bisa terjadi apabila arus listrik dalam kondisi tidak stabil saat mengalir ke sekring. 

2. Memperpanjang Usia Saklar

Fungsi relay yang kedua adalah bisa memperpanjang usia pakai saklar. Walau pada kendaraan telah memiliki saklar utama, namun dengan adanya relay bisa membantu meringankan beban saklar utama sehingga bisa lebih awet dan tahan lama.. 

3. Menunda Aliran Listrik

Fungsi relay yang ketiga adalah sebagai aki untuk menyimpan arus listrik dan mampu mengeluarkannya sedikit demi sedikit. Dengan kata lain, relay memiliki kemampuan untuk menunda aliran listrik.

BACA JUGA:Mau Modif Lampu Motor? Simak Tips Penting Ini, Biar Tak Salah!

4. Pengelola Tegangan Tinggi

Selain bisa menunda aliran listrik, 1 relay lampu motor juga bisa mengatur arus listrik yang terlalu tinggi akibat terhambatnya sumber listrik sehingga berhenti pada salah satu perangkat. 

5. Kunci Pengaman

Relay juga bisa difungsikan sebagai pengaman pada kendaraan baik mobil maupun motor. Hebatnya lagi, komponen ini tidak berdampak pada aki kendaraan karena relay hanya bisa dioperasikan jika menggunakan listrik. 

6. Menjalankan Fungsi Logika

1 relay lampu motor mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi, mulai dari sinyal yang rendah, bisa melakukan tindakan cepat, serta memiliki sensitivitas yang sedang. Secara keseluruhan, komponen ini mampu menjalankan aksi yang diperlukan ketika diberi perintah. 

Misalnya, ketika fitur lampu dinyalakan, maka kotak relay akan mengalirkan arus listrik yang terhubung dengan lampu sehingga bisa menghasilkan sinar lampu yang terang. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: