Pahami Fungsi Master Rem Motor dan Potensi Penyebab Kerusakannya

Pahami Fungsi Master Rem Motor dan Potensi Penyebab Kerusakannya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Rem motor memiliki banyak jenis dan juga komponen. Di antara berbagai macam komponen, master Rem menjadi bagian yang sangat vital.

Setiap pengemudi perlu tahu apa fungsi komponen ini, sehingga jika terjadi kerusakan bisa segera mengatasinya.

Kerusakan salah satu komponen rem yang jadi alat pengaman kendaraan tentu saja sangat berbahaya. Sayangnya masih banyak pengemudi motor yang masih asal menggunakannya. Sehingga rem cepat aus, tidak dapat berhenti dengan benar, bahkan terjadi kecelakaan.

BACA JUGA:Hati-hati Rem Blong! Simak Tata Cara Merawat Kampas Rem yang Benar Pada Motor

Supaya kalian tidak salah kaprah lagi dalam berkendara dan tahu apa yang menyebabkan master rem mengalami kerusakan, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Mengenal Fungsi Master Rem pada Motor

Istilah lain yang lebih akrab digunakan untuk menjelaskan master rem adalah master silinder. Komponen ini merupakan salah satu bagian dari rem hidrolik di mana rem jenis ini memanfaatkan tekanan oli dalam proses pengeremannya.

Fungsi master rem sendiri adalah mengubah gerakan mekanis untuk menjadi tekanan hidrolik. Secara prinsip kerja, komponen ini memiliki peranan yang sangat besar. Karena akan mengubah gerakan pada pedal sepeda motor menjadi tekanan hidrolik.

Kemampuannya ini berkat adanya tabung serta piston. Komponen piston akan terhubung pada pedal rem sehingga gerakannya akan bolak balik di dalam tabung. Gerakan yang dilakukan piston nantinya akan menimbulkan perubahan dalam tabung.

BACA JUGA:Motor Susah Nyala? SImak Cara Ampuh untuk Hidupkan Motor Matic yang Susah Distarter

Tabung akan terisi dengan fluida sehingga menimbulkan tekanan. Tingkat tekanannya sendiri berbeda-beda sesuai dengan gerakan yang dilakukan piston. Tekanan ini nantinya akan menciptakan dorongan yang fungsinya menjepit cakram.

Ketika dorongan yang dihasilkan master rem besar maka akan lebih baik tingkat pengeremannya. Master rem juga memiliki beberapa komponen di dalamnya yang memiliki peran penting.

Berikut ini jenis-jenis komponen penting pada master silinder lengkap dengan fungsinya.

1. Reservoir Tank, bagian ini berfungsi untuk menampung minyak rem cadangan. Nantinya minyak akan digunakan pada master silinder rem.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: