Pahami Fungsi Master Rem Motor dan Potensi Penyebab Kerusakannya

Pahami Fungsi Master Rem Motor dan Potensi Penyebab Kerusakannya

BACA JUGA:Tampilan Baru Honda X-ADV 750 2023: Kombinasi Warna Premium dan Sentuhan Balap yang Apik

Berikut ini beberapa penyebab kerusakan yang harus diwaspadai.

1. Debu dan Kotoran yang Menggumpal

Pada bagian master silinder ini kotoran dan debu bisa masuk kapan saja. Hadirnya benda asing selain fluida akan membuat ruang menjadi kotor. Ketika ruang gerak piston terhambat karena debu, maka kinerjanya akan terhambat.

Padahal fungsi dari master silinder rem akan baik jika gerakan piston semakin cepat. Melambatnya gerakan piston akan menciptakan tenaga yang kurang kuat untuk menekan cakram. Tak hanya itu saja, komponen master silinder seperti piston lama kelamaan akan rusak.

2. Sering Melewati Area Banjir

Apakah motor kalian sering terkena banjir? Air bisa saja masuk ke dalam master rem. Air banjir atau genangan air akan membawa kotoran sama halnya debu. Air yang terus menerus mengenai logam di sisi master rem menjadi penyebab korosi.

BACA JUGA:Inilah Waktu yang Tepat Ganti Kampas Rem Motor

Reaksi kimia antara udara dan air pada logam akan menjadi sumber karat. Padahal jika pipa kaliper ini terkena karat, maka pengereman akan kurang pakem. Selain itu akan muncul bunyi keras yang sangat mengganggu pada saat proses pengereman.

3. Kurang Perawatan

Kotornya master rem karena debu dan air terjadi karena Anda kurang melakukan perawatan. Motor yang minim perawatan akan membuat komponen penting seperti master silinder rem cepat rusak.

Padahal ketika bagian tersebut rusak, kalian perlu mengganti dengan biaya yang lebih besar lagi.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: