Terbukti! Ini Cara Membuat Lampu Rem Motor Lebih Awet, Anti Mati-matian

Terbukti! Ini Cara Membuat Lampu Rem Motor Lebih Awet, Anti Mati-matian

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Lampu rem adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menjaga keselamatan berkendara dan meningkatkan visibilitas pengendara lain, terutama saat berkendara di malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk.

Namun, lampu ini dapat rusak atau redup seiring berjalannya waktu, baik karena faktor usia pemakaian yang sudah habis maupun perawatan yang kurang optimal.

Oleh karena itu, ketahui apa saja tips yang bisa diterapkan agar usia pakai komponen ini bisa lebih awet.

BACA JUGA:Inilah Pemenang Grand Filano Jingle Competition, Generasi Muda Semangat Berkreasi!

Berikut Cara Membuat Lampu Rem Lebih Awet

Ada beberapa faktor yang bisa membuat lampu bagian rem cepat rusak atau redup, misalnya modifikasi yang tidak sesuai standar atau gaya berkendara yang kurang baik. Sebagai solusi, berikut ini cara yang perlu Kalian ketahui:

• Gunakan Lampu Orisinil (Sparepart Asli)

Penggunaan lampu rem orisinil, yaitu sparepart asli dari produsen motor sangat penting untuk menjaga lampu bagian rem agar tetap awet. Sebab lampu orisinil tentu telah dirancang dan diproduksi sesuai dengan standar yang telah ditentukan produsen.

Sebaliknya, menggunakan lampu yang tidak asli atau berkualitas rendah dapat menyebabkan lampu cepat rusak dan tidak memberikan kondisi pencahayaan yang sesuai. Jadi, pastikan untuk membeli lampu dari toko sparepart resmi.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Tanda Huruf 'E' di Indikator Bensin Motor

 Hindari Modifikasi Lampu yang Tidak Sesuai Standar

Terkadang ada pengguna motor yang ingin memodifikasi tampilan kendaraannya, misal dengan cara mengganti komponen lampu agar tampak lebih terang. Namun, hal ini bisa menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan motor hingga merusak lampu.

Sebagai contoh, jika Kalian menggunakan lampu rem yang lebih terang dengan watt lebih besar, artinya akan membutuhkan daya yang lebih tinggi sehingga dapat membuat aki cepat drop atau bahkan rusak.

Karena itu, selalu ikuti spesifikasi lampu yang direkomendasikan oleh produsen motor Kalian. Hindari penggunaan lampu yang tidak sesuai standar untuk menjaga sistem kelistrikan dan memperpanjang masa pakai lampunya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: