Ternyata Ini Alasan Honda PCX 160 Gak Pakai Rangka eSAF

Ternyata Ini Alasan Honda PCX 160 Gak Pakai Rangka eSAF

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COM - Perlu diketahui bradsis, bahwa Honda PCX 160 saat ini tidak menggunakan rangka yang sedang viral yaitu rangka eSAF.

Model PCX 160 masih menggunakan rangka pipa besi dengan arsitektur double cradle.

Sebagai informasi, ada lima model skutik Honda yang menggunakan rangka eSAF, diawali Genio pada 2019, BeAT dan BeAT Street mulai 2020, Scoopy mulai 2020, dan juga Vario 160 mulai 2022.

Alasan mengapa PCX 160 tak menggunakan rangka eSAF pun disampaikan langsung oleh General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin.

BACA JUGA:Pasca Viralnya Rangka eSAF, AHM Dipanggil Kemenhub!

BACA JUGA:Apa Sih Penyebab Noda Kuning di Rangka eSAF?

Muhibuddin mengatakan bahwa penentuan jenis rangka untuk skutik model tertentu, mempertimbangkan kebutuhan konsumen di segmennya.

"PCX sama ADV kenapa nggak pakai eSAF? Ya karena memang setiap produk itu kita kembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan dari konsumennya itu sendiri.

Pengembangan sebuah produk itu diawali riset sesuai dengan kebutuhan konsumen, sehingga kita bedakan masing-masing motor sesuai dengan kebutuhan dan juga (karakter) konsumennya seperti apa," kata Muhib di Astra Honda Motor Safety Riding Park & Training Centre,Cikarang Senin, 28 Agustus 2023.

Seperti diketahui, rangka eSAF pada motor Honda menjadi viral karena disebut mudah karatan. Namun, pihak AHM menegaskan bahwa bercak kuning seperti karat pada rangka eSAF itu adalah hal normal dan malah melindunginya dari karatan.

"Ada temuan bercak kuning pada motor baru honda. Ada beberapa konsumen mengeluhkan bercak kuning. Bercak kuning itu bukan karat, tapi lapisan silicate yang tidak berbahaya dan tak menyebabkan keropos. Lapisan silicate ini punya melapisi bagian las pada rangka untuk hindari oksidasi atau karat. Ini normal dan tidak berbahaya," ungkapnya.

BACA JUGA:Kenapa Air Radiator Motormu Selalu 'Menguap' Cepat? Simak Penyebabnya yang Bikin Geleng Kepala

BACA JUGA:7 Rahasia Ampuh Agar Tetap Segar dan Tidak Mengantuk Saat Berkendara Motor

"Pemilik motor baru Honda tidak perlu takut, karena itu bukan karat. Dan tak berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan pada sepeda motor baru yang dikirim ke konsumen," lanjut Muhib.

Sedangkan perihal kasus rangka patah, AHM akan melakukan investigasi lebih dulu. Muhib pun menyatakan belum ada rencana untuk melakukan recall terhadap unit-unit yang menggunakan rangka eSAF karena pihaknya menjamin bahwa motor yang sampai ke tangan konsumen sudah melewati berbagai uji, dan dipastikan kondisinya aman.

"Recall? Kami sudah sampaikan, produk kami sudah kami produksi dengan melalui proses uji kualitas yang teruji, kami akan berusaha memberikan kepuasan dan keamanan konsumen saat menggunakan produk kami.

Berbagai edukasi sudah kami lakukan, sejauh ini belum memiliki rencana recall. Kami akan berusaha pro aktif cepat dan singkat menangkap setiap keluhan yang disampaikam. Jika ada konsumen yang mengalami kendala dengan sepeda motornya jangan ragu datang ke bengkel, kami akan melakukan," tutupnya.


Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: