Motor Sering Mogok, Apa Sih Penyebabnya? Ini 5 Faktor Utamanya

Motor Sering Mogok, Apa Sih Penyebabnya? Ini 5 Faktor Utamanya

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COM - Motor seseorang seringkali mogok diperjalanan secara tibatiba membuat seorang pengendara merasakan kepanikan.

Pada proses pembakaran di ruang mesin motor, ada 3 syarat penting supaya mesin bisa bekerja secara normal. Tiga syarat itu adalah bahan bakar, kompresi, dan pengapian yang baik.

Akan tetapi, jika ke 3 syarat tersebut tidak dipenuhi motor bisa mogok kapan saja.

BACA JUGA:Kejurnas Mandalika Racing Series 2023 Round 2 Digelar Bulan Ini, Juga Buka Kelas UB150

Adapun penyebab motor mogok diantaranya yaitu :

1. Kehabisan Bahan Bakar

Penyebab paling sering kendaraan tiba-tiba mogok adalah ketika kamu lipa mengecek bahan bakar atau bensin. Jika hal ini terjadi dapat dipastikan kendaraan tidak akan bisa berjalan, karena mesin kendaraan dengan bahan bakar.

Ketika bahan bakar habis, maka aliran atau suplai bahan bakar ke ruang pembakaran otomatis akan berhenti. Artinya, mesin tidak menerima suplai bahan bakar yang digunakan untuk melakukan pengapian yang membuat mesin menyala dan kendaraan berjalan.

BACA JUGA:Ingin Ganti Ban Motor? Simak Harganya per 6 Juli 2023

2. Kran Bensin Tertutup

Tangki bensin penuh, namun tiba-tiba motor mogok dan tidak bisa jalan? Hal ini juga bisa terjadi ketika kran saluran bensin ke karburator tertutup. Kran saluran tertutup ini bisa terjadi karena adanya sumbatan oleh kotoran, dan bisa karena disengaja.

Kran saluran bensin ini berfungsi mengalirkan bahan bakar ke arah karburator. Apabila saluran ini tertutup, bensin tidak akan bisa mengalir, dan otomatis mesin tidak bisa hidup. Kran ini bisa sengaja ditutup ketika kendaraan tidak akan digunakan dalam waktu yang cukup lama.

3. Busi Bermasalah

BACA JUGA:Vespa Matic Udah Keren Tapi Rewel? Begini Cara Rawatnya Biar Gak Rewel!

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: