Motor Sering Mogok, Apa Sih Penyebabnya? Ini 5 Faktor Utamanya

Motor Sering Mogok, Apa Sih Penyebabnya? Ini 5 Faktor Utamanya

Busi berfungsi sebagai alat pengapian yang menghasilkan percikan api sehingga menghasilkan pembakaran dari campuran bahan bahan bakar dan udara. Ledakan kecil yang terjadi inilah yang menyebabkan mesin menyala.

Busi yang bermasalah bisa terjadi karena busi tersebut memang rusak dan sudah tidak bisa digunakan lagi, dan bisa juga karena terjadi masalah pada kabel busi. Biasanya kabel busi bermasalah ketika terdapat kotoran yang menyumbat, sehingga percikan api tidak akan bisa sampai ke karburator mesin.

Kemungkinan lainnya adalah ketika terjadi kepala busi kotor, dan bisa juga karena busi sudah rusak sehingga tidak bisa lagi menghasilkan percikan api. Kemungkinan lainnya adalah pemasangan busi yang tidak tepat.

4. Mesin Terlalu Panas

BACA JUGA:Gak Cuma Aki, Ini Beberapa Penyebab Motor Susah Distater

Mesin yang terlalu panas juga bisa menyebabkan mesin tiba-tiba mati dan mogok. Hal ini bisa terjadi ketika kendaraan digunakan dalam perjalanan yang cukup jauh dan berakibat mesin terus menyala tanpa henti.

Penggunaan kendaraan tanpa istirahat akan menimbulkan suhu panas akibat adanya sistem pembakaran yang terjadi atau akibat gesekan piston. Hal ini mengakibatkan pelumas tidak mampu meredam suhu panas yang ada dan mengakibatkan piston memuai dan macet.

5. Oli Mesin Habis

Oli menjadi bagian penting bagi kendaraan sebagai bahan perapat antar komponen kendaraan tersebut. Oli juga dibutuhkan untuk mengurangi gesekan antar komponen yang menyebabkan timbulnya panas.

BACA JUGA:Motor Gagah TVS Ronin Rilis Jumat Ini, Simak Spesifikasinya!

Kehabisan oli secara otomatis akan membuat gesekan yang terjadi pada komponen-komponen kendaraan menjadi semakin besar, dan panas yang ditimbulkan pun semakin besar, sehingga bisa menyebabkan mesin menjadi panas dan membuat kendaraan mogok.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: