Jangan Disepelekan, Tetap Cari Aman Saat Berkendara di Musim Hujan, Simak Tipsnya

Jangan Disepelekan, Tetap Cari Aman Saat Berkendara di Musim Hujan, Simak Tipsnya

BACA JUGA:Siap Penuhi Kebutuhan Bikers Jawa Timur, RC Motogarage Hadir di Surabaya

Pilahlah jalan yang dikenal dengan baik hindari area langganan banjir.  Jika terpaksa berhenti untuk meneduh, jangan sekali–kali berhenti di bawah fly over yang biasanya sudah ramai dengan peneduh lainnya. 

Selain ganggu arus lalu lintas, hal ini juga membuka kemungkinan kecelakaan. Pilihlah ruang yang dirasa pas dan tentunya aman untuk menepi menunggu reda hujan.

Kemungkinan Pengganggu 

Embun dalam kaca helm adalah hal yang lumrah terjadi saat berkendara motor di bawah siraman hujan. Akali dengan cerdik pengganggu penglihatan ini dengan sedikit membuka kaca (Full Face) agar angin dapat hilangkan embun tersebut. 

BACA JUGA: Begini Cara berkendara Aman Pakai Motor Sport Fairing di Musim Hujan

BACA JUGA:Jadi Pasangan Juara Dunia ke 5 Sepanjang Sejarah MotoGP, Marc Marquez dan Joan Mir Diharapkan Bisa Bawa Honda Juara Konstruktor

Embun biasanya mucul saat pengendara dalam posisi diam tidak jalan sehingga air dingin menembus kaca karena perbedaan suhu. 

Namun, agar tidak sulit bahkan tampil gaya, ada alat yang bisa digunakan untuk menghilangkan embun, datangi toko helm disekitar anda untuk mengetahuinya.

Hujan intensitas tinggi pastinya ganggu penglihatan pengendara dan dapat berakibat fatal. Jika Memang terlalu lebat, urungkan niat sejenak untuk berkendara. Namun, keterpaksaan terkadang mengalahkan kemungkinan ini. 

Selain cerdik mengakali embun helm, beragam fungsi di sepeda motor dapat dimaksimalkan sebagai alat bantu penglihatan pengendara lain. Gunakan lampu–lampu dengan baik, seperti lampu dim, lampu sinyal serta klakson. 

BACA JUGA:Warna Baru Kawasaki New Ninja 250 23MY Resmi Hadir Dibanderol Mulai Rp 60 Jutaan

BACA JUGA:Gokil! Motor Listrik Yadea Diajak Freestyle di IIMS 2023

Meski terlihat sepele, namun hal ini dapat menyelamatkan anda dan pengguna jalan lainnya. Pemahaman menggunakan fitur ini adalah cara pengguna jalan lainnya mengetahui keberadaan anda dan paham bagaiamana manuver anda di jalan.

Kondisi jalan basah hujan mengandung beragam pengganggu kenyamanan dan keselamatan. Tertutupnya jalan dengan air akibat hujan deras akan ‘membutakan’ pengendara atas kemungkinan lubang dan gelombang jalan tersebut. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: