Ternyata Honda Beat 2024 Nggak Pakai Kick Starter, Kenapa?

Ternyata Honda Beat 2024 Nggak Pakai Kick Starter, Kenapa?

Mesin beat baru-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Sebagai motor terlaris di Indonesia, sosok Honda Beat 2024 tentu masih bikin penasaran banyak orang. Salah satunya soal absennya engkol kick starter.

Memang di edisi terbaru ini, hanya varian paling rendah atau Honda Beat CBS saja yang masih pakai engkol kick starter. Sementara tiga lainnya, Street, Deluxe-Standard dan Deluxe Smart Key sudah tak lagi pakai.

Otomatis, untuk meyalakan ketiga tipe Honda Beat 2024 itu, konsumen hanya bisa menggunakan elektrik starter saja.

Dikonfirmasi akan hal ini, Sarwono Edhi selaku Senior Analyst New Model Service & Publication Department PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan jika sebenarnya keputusan menghilangkan kick starter di Honda Beat sudah melalui survei dan studi yang cukup panjang.

BACA JUGA:Ini Deretan Aksesoris Resmi All New Honda Beat 2024, Mulai Rp 50 Ribuan!

BACA JUGA:Kenali Fitur-Fitur Baru di All New Honda Beat Yuk!

"Kick starter itu kan dari survei yang dilakukan sebagian besar kustomer itu sekarang sudah jarang menggunakan. Memang masih ada satu-dua yang pakai, tapi jarang sekali," katanya saat sesi peluncuran di Cikarang beberapa waktu lalu.

Ini artinya, peran aki di motor sangat penting karena saat peranti tersebut soak, atau mati maka elektrik starter di Honda Beat baru pun tak akan berfungsi.

Untuk itu, pria yang akrab disapa Edhi ini mengatakan jika saat ini Honda Beat juga menyatakan jika pengguna Honda Beat baru dapat memantau kondisi aki lewat indikator baterai yang ada di panel spidometer.

"Sebelum baterainya soak, baterai indikatornya memberikan notifikasi. Diharapkan kustomer sudah mengganti baterainya di bengkel. Sekarang cuma varian CBS aja yang pakai, tapi diharapkan semuanya bisa dihilangkan," kata pria berkacamata ini.

BACA JUGA:First Ride Honda Beat Street 2024, Tambah Lincah Pakai Ban Ring 12

BACA JUGA:Honda Beat Jadi Motor Terlaris di Indonesia, Sudah Terjual 23 Juta Unit

Sebagai catatan, dengan absennya engkol kick starter turut mengurangi bobot Honda BeAT hingga 1 kg. Sehingga bobot Honda Beat Deluxe Series kini hanya 87 kg, atau 3 kg lebih ringan dari sebelumnya.

Sementara Honda Beat Street berbobot 89 kg, lebih berat karena penggunaan ban lebar berlingkar 12 inci.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya