Knalpot Motor Injeksi Ngebul? Begini Cara Menanganinya

Knalpot Motor Injeksi Ngebul? Begini Cara Menanganinya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Dalam menangani knalpot motor injeksi yang ngebul, penting untuk mengetahui penyebab dasarnya dan mengatasi permasalahan dengan cara yang tepat. 

Dengan perawatan yang baik dan penanganan yang sesuai, motor injeksi dapat kembali berfungsi dengan optimal dan knalpot tidak lagi mengeluarkan asap secara berlebihan.

Pada dasarnya, knalpot motor injeksi yang ngebul atau dikenal juga dengan istilah fogging, bisa disebabkan karena dua kemungkinan, yakni:

1. Asap yang keluar berwarna hitam:

Jika knalpot motor mengeluarkan asap berwarna hitam, ini menandakan bahwa proses pembakaran di mesin tidak berjalan dengan maksimal. 

BACA JUGA:Motor Listrik Honda EM1 e: Series Sudah Bisa Dibeli di 58 Dealer Wahana Honda di Jakarta-Tangerang

Masalah ini disebabkan oleh bensin yang tidak terbakar sempurna karena kurangnya udara. Solusinya dapat dilakukan dengan penyetelan ulang pada ECU atau Electronic Control Unit.

Pada motor injeksi, proses penyediaan campuran udara dan bensin telah diatur oleh sistem injeksi secara elektronik. 

ECU bertugas mengontrol waktu dan jumlah penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar, sedangkan sensor-sensor pada mesin mengukur jumlah udara yang masuk.

Untuk mengatasi knalpot motor injeksi yang ngebul dengan asap berwarna hitam, perlu dilakukan penyetelan ulang pada ECU. 

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kuantitas udara yang masuk ke dalam ruang bakar sehingga campuran udara dan bensin dapat lebih optimal terbakar. 

Proses ini biasanya dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman serta menggunakan peralatan khusus untuk membaca dan mengatur pengaturan ECU.

2. Asap yang keluar berwarna putih:

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: