Bahaya! Motor Injeksi Baru Ngebul? Simak Cara Menanganinya

Bahaya! Motor Injeksi Baru Ngebul? Simak Cara Menanganinya

Bahaya! Motor Injeksi Baru Ngebul? Simak Cara Menanganinya--Suzuki

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Bradsis semua mungkin pernah melihat motor dengan asap mengepul keluar dari knalpotnya dijalan raya, padahal memakai motor injeksi keluaran terbaru.

Mungkin masalah ini memang sering terjadi, terutama pada kendaraan yang jarang tersentuh para mekanik handal di bengkel-bengkel profesional.

Pada dasarnya, knalpot motor injeksi yang ngebul atau dikenal juga dengan istilah fogging, bisa disebabkan karena dua kemungkinan, yakni :

BACA JUGA:Intip Keseruan Latihan Bersama Offroad di Sirkuit Get Out and Play Kawasaki

Kalau asap yang keluar berwarna hitam, bisa dipastikan proses pembakaran di mesin kurang maksimal.

Masalah ini disebabkan karena bensin yang masuk tidak dibakar sempurna karena udara yang kurang.

Solusinya cukup penyetelan ulang di ECU atau electronic control unit.

Kalau asap yang keluar berwarna putih, bisa jadi oli mesin naik dan masuk ke ruang bakar hingga ikut terbakar.

Kondisi ini bisa disebabkan karena banyak faktor, bisa karena ring piston kering, sil klep sudah aus, piston sudah baret, atau celah kelep bocor.

BACA JUGA:Mantap, Pelumas Ipone Resmi Masuk Indonesia, Bawa Produk Lengkap Untuk Sepeda Motor

Khusus untuk asap putih, motor dengan sistem injeksi ataupun jenis karburator, pada dasarnya cara penanganannya masih tetap sama, yakni :

Jika ring piston sudah aus karena sudah digunakan cukup lama, mau tidak mau harus diganti, terlebih jika motor seriung digunakan dan sudah 1 tahun belum diganti.

Jika piston baret karena sering terlambat ganti oli mesin, mau tidak mau penanganannya harus segera mengganti piston dengan yang baru.

Tapi jika dinding silindernya ikut baret, lakukan dulu oversize dan ganti piston yang sesuai dengannya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: