Tindakan yang Dikerjakan Saat Servis Ringan Motor Vario, Jangan Ada yang Kelewat Bro!

Tindakan yang Dikerjakan Saat Servis Ringan Motor Vario, Jangan Ada yang Kelewat Bro!

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Servis motor adalah pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi motor yang biasanya dilakukan setelah mencapai jarak tertentu. 

Pesan yang diperiksa antara lain melibatkan pemeriksaan saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, tuas gas, oli mesin, oli gardan, ban, dan sebagainya. 

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai apa saja yang harus dilayani pada motor, mari kita baca artikel ini sampai selesai.

BACA JUGA:Motor Skuter Matic: Honda Vario 125 Baru vs Vario 160 Bekas, Cek 4 faktor yang Harus Dipertimbangkan

Jika Anda ingin memiliki motor yang selalu dalam kondisi prima, mesinnya tahan lama, jarang mengalami kerusakan, dan performanya tetap terjaga dengan baik, maka penting bagi Anda untuk melakukan servis motor secara rutin. 

Setidaknya, servis motor harus dilakukan setiap 1-2 bulan sekali, atau setelah mencapai jarak tempuh 2000 km. 

Jika tidak, performa motor akan menurun, mesin akan cepat panas, motor sering mengalami kerusakan, dan akhirnya Anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk perbaikan.

Kapan Motor Harus Servis? Ada banyak ahli otomotif dan bengkel motor yang merekomendasikan melakukan servis motor berdasarkan jarak tempuh yang telah dicapai. 

Hal ini dikarenakan setiap motor memiliki intensitas penggunaan yang berbeda. 

Ada motor yang dapat mencapai jarak 2000 km dalam satu bulan, sedangkan motor lain mungkin membutuhkan lebih dari 2 bulan untuk mencapai jarak yang sama.

Jadi, kapan sebaiknya motor Anda dilayani di bengkel terdekat? Jika Anda memiliki sepeda motor keluaran lama, misalnya tahun 2000, maka servis motor harus dilakukan setelah mencapai jarak tempuh 2000 km. 

Sedangkan untuk motor matik dan motor bebek keluaran baru, periksa dan rawat kendaraan tersebut saat mencapai jarak tempuh sekitar 4000-5000 km.

Jika Anda pengguna motor sport, sebaiknya lakukan servis ketika jarak tempuh telah mencapai 6000 km, sedangkan untuk moge sekitar 12.000 km.

Servis Motor Kategori Ringan. Servis motor yang termasuk dalam kategori Ringan meliputi :

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: