Efek Mengisi Oli Mesin Terlalu Banyak, Baik atau Buruk?

Efek Mengisi Oli Mesin Terlalu Banyak, Baik atau Buruk?

Cara Mengisi Oli Kendaraan dengan Baik dan Tepat

Kalian  sudah mengetahui bahwa mengisi oli mesin terlalu banyak memiliki efek buruk bagi kendaraan kalian. Lalu, bagaimana cara mengisi oli kendaraan yang baik dan tepat?

Sebelumnya, kalian  wajib mengetahui bahwa penggantian oli dapat dilakukan secara mandiri atau di bengkel resmi. Disarankan jika kalian  mengunjungi bengkel resmi untuk mengganti oli.

Berikut ini cara mengisi oli kendaraan yang baik dan pas yang dapat kalian  ketahui:

• Mengganti Oli dalam Keadaan Mesin Hangat

Cara pertama adalah mengganti oli ketika mesin kendaraan dalam keadaan hangat. kalian  dapat memperhatikan ketika kendaraan ingin diganti oli, maka sekitar 1-3 menit kendaraan dihidupkan untuk menghangatkan mesin.

Disarankan jika mesin wajib dalam keadaan hangat, bukan panas. Hal itu bertujuan agar pelepasan baut oli tidak terhambat dan oli lama akan sulit turun ketika mesin dalam keadaan panas.

BACA JUGA:Ini Waktu yang Tepat Mengganti Oli Mesin dan Oli Gardan Motor

Begitu pula jika mesin dalam keadaan dingin, karena oli lama berpotensi mengental dan sulit dikeluarkan. Maka dari itu, lebih baik jika mesin dalam keadaan hangat saja.

• Siapkan Wadah Penampung Oli Bekas

Kedua, siapkan wadah penampung oli bekas agar dapat mengetahui apakah oli lama sudah keluar sepenuhnya dari mesin. kalian  dapat memerhatikan biasanya ketika mengganti oli, teknisi akan menempatkan wadah kecil di bawah tabung oli.

Hal ini juga bertujuan agar oli tidak tumpah dan mengotori lantai. Karena oli sifatnya licin jika terkena lantai.

• Tuang Oli Baru dengan Tepat

Menuang oli baru dengan tepat dan pas dapat menjadi cara yang baik untuk mengisi oli. Sudah dijelaskan di atas bahwa mengisi oli mesin terlalu banyak dapat mengakibatkan dampak buruk bagi mesin.

Maka dari itu, kalian  dapat memercayakan pada teknisi bengkel resmi ketika menuangkan oli baru dengan pas dan tepat. Misal, untung motor matic maka oli mesin yang digunakan berkapasitas 800 ml. Sedangkan, untuk motor 150 cc sebaiknya gunakan oli berukuran 1 liter.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: