12 Penyebab Ban Belakang Motor Matic Goyang Lengkap dengan Solusinya

12 Penyebab Ban Belakang Motor Matic Goyang Lengkap dengan Solusinya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Ban memiliki fungsi penting sebagai penggerak motor, baik Ban bagian depan dan Ban belakang.

Ban motor sering mengalami gangguan mulai dari goyang, bocor, dan sebagainya yang membuat tidak nyaman. Penyebab ban belakang matic goyang tersebut bisa bermacam-macam.

Agar tidak mengalami hal tersebut, maka kalian perlu untuk mengetahui bagaimana solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasinya.

BACA JUGA:Apakah Bisa Gadai Motor Tanpa BPKB? Ini Jawabannya

Penyebab Ban Belakang Motor Matic Goyang

Berikut ini adalah penjelasan tentang penyebab ban belakang goyang beserta tips memperbaikinya. 

• Umur Pemakaian Sudah Lama

Faktor penyebab yang utama adalah umur pemakaian yang sudah lama dari komponen roda belakang motor. Biasanya, masalah yang akan timbul adalah karet bos engine mounting mengeras atau getas sehingga mudah pecah.

Pecahnya karet tersebut menjadi penyebab ban belakang menjadi goyang. Solusinya adalah langsung mengganti karet engine mounting tersebut. Untuk melepas dan memasangnya perlu teknik khusus yang harus dipahami karena tidak mudah. 

Caranya, karet engine mounting harus dibor dahulu agar teksturnya hancur. Kemudian, mata bor dicocokkan dengan ukuran karet tersebut. Setelah itu, karet tersebut didorong pelan-pelan hingga keluar dari lubang crankcase. 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Cek Ban Motor Baru dengan Ban Rekondisi? Coba Lihat Kode Ini

• Laher Komstir Aus

Selain bagian roda yang bermasalah, bagian motor lain seperti komstir juga bisa mempengaruhi jalannya roda kendaraan. Leher komstir yang aus bisa menyebabkan motor menjadi tidak stabil akibat stang yang sulit dikendalikan. 

Bearing yang aus tersebut dapat dikarenakan oleh pemasangan yang terlalu kencang pada komstir, sehingga mudah kering. Banyak juga yang mengira jika ban motor bergoyang disebabkan oleh masalah pada velg dan sockbreaker. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: