12 Penyebab Ban Belakang Motor Matic Goyang Lengkap dengan Solusinya

12 Penyebab Ban Belakang Motor Matic Goyang Lengkap dengan Solusinya

Jika ada baut yang kendur, langsung kencangkan kembali dengan obeng. Kalian juga bisa mengetes dengan cara menggoyangkan roda ke arah kanan dan kiri.

Jika roda terasa tidak kencang, maka kemungkinan mur-mur di bagian roda ada yang kendor, sehingga stang motor  juga goyang.

BACA JUGA:SImak Tips Perawatan Ban Motor Terbaik 2023

• Cek Bagian Shockbreaker

Cara perbaikan selanjutnya yaitu melihat kondisi shockbreaker. Biasanya masalah yang terjadi adalah karet bantalan yang tidak rapat, mengeras, atau pecah. Kondisi seperti ini otomatis membuat stang atau komstir tidak stabil.

Bagian shockbreaker memiliki peran penting, yaitu membantu mencengkeram roda dan menyerap kejutan yang dialami saat di permukaan jalan yang tidak rata.

Jika settingan karet tidak benar atau bergeser, itulah yang menimbulkan ketidakstabilan kendaraan saat melaju.

Cara memperbaiki shockbreaker ini tidak lain harus dilakukan ke bengkel. Montir yang profesional sudah pasti mengetahui bagaimana untuk mengatasinya. Bantalan karet yang rusak akan segera diganti dengan yang baru dan diposisikan secara benar.

BACA JUGA:Ban Motor Jadi Lebih Licin Saat Hujan Turun, Pelajari Penyebabnya

• Isi Angin Ban Dengan Sesuai

Terkadang ban terasa goyang disebabkan oleh angin ban yang mulai berkurang, sehingga motor terasa berat dan tidak stabil.

Cara mengatasinya adalah isi angin ban dengan tekanan yang pas. Jangan sampai ban terlalu kempes karena rawan untuk bocor. 

Ganti Ban Baru

Solusi lainnya yang bisa dilakukan adalah mengganti ban baru. Namun, hal ini berlaku jika memang terjadi gangguan terhadap ban.

Jadi, jangan langsung mengganti ban karena harganya cukup mahal. Konsultasikan dulu masalah kendaraan ke bengkel resmi terdekat.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: