4 Poin Penting Sebelum Berkendara Jarak Jauh di Malam Hari

4 Poin Penting Sebelum Berkendara Jarak Jauh di Malam Hari

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Berkendara motor di malam hari memang memiliki risiko yang lebih dibandingkan dengan berkendara pada pagi atau siang hari.

Salah satunya karena situasi malam yang gelap, cenderung sepi dan hening. Akibatnya orang-orang yang pulang bekerja pada tengah malam harus lebih berhati-hati dalam melaju kendaraannya.

Berkendara di malam hari mungkin akan minim penerangan, risiko yang bisa terjadi seperti tindak pelaku begal, perampokan motor, dan berbagai tindakan kejahatan lainnya yang melancarkan aksinya pada malam hari.

BACA JUGA:Jelang Seri Pamungkas ARRC 2023 di Thailand, Pembalap Yamaha Indonesia Optimis Rebut Poin Maksimal

Untuk itu, demi keamanan dan keselamatan kalian terutama bagi kalian yang sering pulang kerja malam harus ekstra berhati-hati.

Demi menunjang keselamatan kalian, beberapa perlengkapan safety riding bisa kalian siapkan sekaligus memperhatikan beberapa hal berikut ini, diantaranya:

1. Periksa Kondisi Lampu Motor

Yang paling utama ketika kalian memutuskan berkendara tengah malam, pastikan kalian sudah mengecek kondisi lampu motor kalian.

Karena lampu motor menjadi salah satu sumber pencahayaan kalian selama berkendara di jalan nanti. Terlebih jika kalian melewati jalan yang minim penerangan dan gelap, penggunaan lampu motor akan snagat diperlukan.

Bayangkan jika lampu motor kalian dalam kondisi mati, dan kalian berkendara di jalanan yang gelap dan sepi tanpa pencahayaan sedikitpun nantinya akan menyulitkan kalian.

BACA JUGA:Jelang Seri Pamungkas ARRC 2023 di Thailand, Pembalap Yamaha Indonesia Optimis Rebut Poin Maksimal

2. Gunakan Sarung Tangan dan Jaket Yang Tebal

Selain harus menggunakan perlengkapan berkendara yang wajib digunakan seperti helm. kalian juga harus menggunakan sarung tangan dan jaket yang tebal untuk mengantisipasi dinginnya udara malam.

Terlebih cuaca di malam hari tentu akan lebih dingin dibandingkan saat siang. Jadi, daripada nanti kalian kedinginan dan flu di tengah perjalanan, lebih baik kenakan sarung tangan dan jaket saat mulai berkendara. Hal ini demi meminimalisir risiko kalian sakit karena masuk angin.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: