Pecco Bagnaia Juara Dunia MotoGP Berkat Ikuti Jejak Marc Marquez-Valentino Rossi

Pecco Bagnaia Juara Dunia MotoGP Berkat Ikuti Jejak Marc Marquez-Valentino Rossi

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Francesco Bagnaia merengkuh gelar juara berturut-turut di Valencia, menjadi pembalap ketiga yang melakukannya dalam era MotoGP™.

Bagnaia adalah pembalap Italia keempat yang raih lebih dari satu titel dunia kelas premier setelah Giacomo Agostini (8), Valentino Rossi (7) serta Umberto Masetti (2).

Gelar juara yang diklaim Bagnaia merupakan ke-22 bagi pembalap Italia di kategori utama, dan ke-81 secara keseluruhan dalam balapan Grand Prix. 

BACA JUGA:Jelang MotoGP Valencia 2023, Kabar Buruk Datang dari Tim RNF, Ada Apa?

Bagnaia menjadi pembalap Ducati pertama yang merebut lebih dari satu titel dunia kelas premier.

Ia juga jadi pembalap Italia ketiga yang mengendarai motor Italia, serta rengkuh lebih dari satu gelar kategori utama bersama Giacomo Agostini (MV Agusta) dan Umberto Masetti (Gilera). 

Bagnaia menjadi pembalap pertama yang sukses mempertahankan mahkota juara di kelas premier dengan menggunakan nomor #1 sejak Mick Doohan melakukannya pada 1997 dan 1998.

Bagnaia jadi pembalap kelima yang Juara Dunia di penghujung tahun usai memenangi balapan pembuka Grand Prix dalam era MotoGP™.

BACA JUGA:Hari Terakhir Penyelenggaraan GIIAS The Series di Bandung, Antusiasime Pengunjung Tetap Positif!

Ia mengikuti jejak Marc Marquez (2014), Jorge Lorenzo (2012), Casey Stoner (2007, 2011) serta Valentino Rossi dari 2002 hingga 2005.

Dengan 17 kemenangan di kelas premier, semuanya bersama Ducati, Bagnaia duduk di posisi kedua dalam daftar pembalap Ducati dengan kemenangan terbanyak dalam kategori utama di belakang Casey Stoner (23).

Dengan 34 podium kelas premier sejauh ini, Bagnaia menjadi pembalap Ducati ketiga dengan podium terbanyak dalam kategori utama setelah Casey Stoner (42) dan Andrea Dovizioso (40).

Bagnaia adalah pembalap kelima yang merengkuh gelar di akhir musim dan memenangi balapan Grand Prix pembuka sejak MotoGP™ diperkenalkan pada 2002.

BACA JUGA:Penghargaan Rookie of the Year dan Tim Independen MotoGP™ di Valencia

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: