Liberty Media Umumkan Akuisisi Kejuaraan Balap MotoGP

Liberty Media Umumkan Akuisisi Kejuaraan Balap MotoGP

Liberty Media Umumkan Akuisisi Kejuaraan Balap MotoGP--MotoGP

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Akuisisi kejuaraan balap motor terkemuka dunia memperluas portofolio aset olahraga global berkualitas tinggi Liberty Media.

Liberty Media Corporation telah mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi MotoGP

MotoGP adalah puncak dari balapan roda dua, yang mana 22 pembalap tercepat bersaing dengan motor prototipe yang dibuat khusus di beberapa trek balap terhebat di dunia, mencapai kecepatan tertinggi di atas 360 km/jam. 

BACA JUGA:New Honda Vario 125 Versi 2024 Dapat Penyegaran Warna, Harga Tetap Rp 22 Jutaan

Sejak musim pertama pada 1949 yang menggelar enam putaran di seluruh Eropa, olahraga ini telah berkembang hingga mencakup lebih dari 20 Grand Prix di lima benua, serta siaran televisi menjangkau ratusan juta di seluruh dunia.

Perjanjian baru ini akan menjadikan Dorna Sports S.L., pemegang hak komersial dan televisi eksklusif MotoGP, tetap menjadi perusahaan independen yang dikaitkan dengan tracking stock Formula One Group Liberty Media. 

Carmelo Ezpeleta yang menjabat CEO sejak 1994 akan tetap pada posisinya, dan terus menjalankan bisnis bersama tim manajemennya. 

Adapun bisnis akan tetap berbasis di Madrid.

BACA JUGA:AHM dan WMS Tebar Pengetahuan Motor Listrik kepada 56 SMK Binaan AHM di Jakarta-Tangerang

Dorna juga memegang hak eksklusif atas balap motor lainnya, termasuk feeder series MotoGP, yakni Moto2 dan Moto3, FIM Enel MotoE World Championship, MOTUL FIM World Superbike Championship serta FIM Women’s Circuit Racing World Championship.

Liberty Media akan mengakuisisi sekitar 86% saham Dorna, dengan manajemen Dorna mempertahankan sekitar 14% ekuitas mereka dalam bisnis tersebut. 

Transaksi ini mencerminkan nilai perusahaan untuk Dorna/MotoGP sebesar 4,2 miliar Euro (setara Rp72 triliun) dan nilai ekuitas sebesar 3,5 miliar Euro (Rp60 triliun), dengan saldo utang MotoGP diperkirakan akan tetap ada setelah penutupan.

“Kami sangat senang dapat memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan terkemuka kami dengan mengakuisisi MotoGP,” kata Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei.

BACA JUGA:Persiapan Mudik Lebaran 2024, Konsumen Takut dengan Peredaran Oli Palsu

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: