Patut Diketahui! Tips Rawatan Motor Agar Selalu Dalam Kondisi Aman untuk Berpergian

Patut Diketahui! Tips Rawatan Motor Agar Selalu Dalam Kondisi Aman untuk Berpergian

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Motor matik masih menjadi primadona bagi sebagian masyarakat di Indonesia, terutama dalam kegiatan sehari-hari, baik untuk transportasi ke tempat kerja maupun ke sekolah.

Sementara itu, baik perempuan ataupun laki-laki sudah lazim menggunakan motor tersebut, hingga pangsa pasarnya pun mengalahkan motor bebek dan motor sport.

Banyak pabrik motor yang ada di negeri ini berlomba-lomba memasarkan motor matiknya, seperti Honda, Yamaha, hingga Suzuki.

BACA JUGA:HARUS TAHU! Ini 6 Barang yang Wajib Ada di Bagasi Motor

Sayangnya, banyak masyarakat kita hanya bisa untuk mengendarai motor matik saja, tetapi kurang memperhatikan perawatan motor matik. Motor baru ataupun bekas, nyatanya perlu perawatan untuk membuat kendaraan ini tetap awet. 

Tidak perlu disesali, nyatanya tidak semua orang mengerti akan bagaimana kondisi mesin motor matic yang baik.

Jadi apabila kalian sebagai pengguna motor matik mungkin tips tentang cara merawat motor matic kali ini dapat dipraktekan di rumah agar mesin motor tetep awet dan tahan lama. 

Namun perlu diperhatikan, meski tidak berbeda jauh dengan perawatan motor pada umumnya, perawatan motor matic yang menggunakan sistem pembakaran karbulator ataupun injeksi membutuhkan perawatan khusus yang lebih telaten.

BACA JUGA:Intip Semua Keunggulan Motor Suzuki Avenis 125

Mengutip dari website Wahana Honda, ada beberapa hal yang harus rutin dilakukan oleh pengguna motor matik. Apa saja ? simak ulasan berikut.

Rutin panaskan mesin motor di pagi hari

Memanaskan motor adalah sebuah cara merawat dengan memanaskan mesin agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal.

Cara memanaskan motor matic yang baik adalah panaskan motor kurang lebih 5 menit sampai 10 menit dan sebaiknya menggunakan kick stater saja jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray dari motor tersebut.

BACA JUGA:Tetap Rileks dan Santuy Naik Motor Trabas Banjir, Pakai Tips Ini

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: