5 Masalah Speedometer Digital yang Sering Terjadi Pada Motor

5 Masalah Speedometer Digital yang Sering Terjadi Pada Motor

Apabila kalian mengalami masalah satu ini pada motor Kalian, ada baiknya jika Kalian mengecek kondisi mika penutup motor Kalian. Apabila terdapat retakan, ada baiknya jika Kalian menggantinya dengan yang baru.

BACA JUGA:Ketakutan Para Biker! Mengapa Speedometer Motor Bisa Mati?

• Speedometer Terbakar Matahari (Sunburn)

Kebanyakan motor dengan model speedometer digital menggunakan Liquid Crystal Display atau LCD sebagai pelapisnya. Hal ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Salah satu kekurangan yang dimiliki yaitu LCD akan terbakar atau mengalami sunburn, jika motor terus-menerus diletakkan atau diparkir di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Tanda speedometer Kalian mengalami sunburn yaitu terjadi keburaman pada speedometer, kemudian redup, dan berakhir dengan tidak adanya informasi yang ditampilkan pada speedometer.

Oleh karenanya, ada baiknya jika Kalian dapat memilih tempat parkir yang teduh dan menghindari paparan sinar matahari langsung. 

Namun, jika speedometer Kalian terlanjur mengalami kerusakan karena terbakar matahari, satu-satunya solusi yaitu menggantinya dengan yang baru.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Begini Cara Setting Jam di Layar Speedometer Yamaha NMAX!

• Speedometer Mengalami Gangguan Pada Layar (Dead Pixel)

Masalah speedometer digital selanjutnya yaitu speedometer mengalami dead pixel. Masalah ini terjadi pada layar LCD motor yang mengalami kecacatan.

Di mana pada layar akan menampilkan dot berupa informasi pada speedometer dengan tidak jelas. Hal itu dikarenakan ada dot yang tidak muncul, sehingga membuat Kalian kesulitan untuk membaca informasi yang ditampilkan di speedometer.

Apabila Kalian mengalami masalah satu ini, Kalian bisa segera menservicenya. Namun, jika layar LCD speedometer sudah mengalami dead pixel, hal ini akan terus menerus rusak dari waktu ke waktu setelah dilakukannya perbaikan.

Jalan yang bisa Kalian ambil untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggantinya dengan speedometer yang baru. Jika dana Kalian terbatas, Kalian bisa melakukan service setiap kali terjadi dead pixels.

BACA JUGA:Larangan Merokok Sambil Berkendara Motor di Jalan, Ini Sanksinya!

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: