Honda PCX 160 2022: Tinjauan Lengkap, Kenyamanan, dan Performa

Honda PCX 160 2022: Tinjauan Lengkap, Kenyamanan, dan Performa

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Motor matic yang tengah menjadi incaran banyak orang adalah Honda PCX 160 2022. Motor premium ini dilengkapi dengan mesin 160 cc yang menawarkan kenyamanan serta teknologi terbaru dibandingkan model sebelumnya.

PT Astra Honda Motor (AHM) menyediakan tiga tipe untuk motor ini, yaitu CBS (Combi Brake System), ABS (Anti-lock Braking System), dan e:HEV yang merupakan tipe tertingginya. Antusiasme masyarakat terhadap motor ini terbukti dengan waktu tunggu yang cukup lama di dealer. "Saya harus menunggu sampai dua bulan, di tempat lain juga inden sih," ujar Tito Waryawan, salah satu peminat Honda PCX 160 2022.

BACA JUGA:Intip Kapasitas Produksi Pabrik Motor Listrik ALVA, Sudah Terapkan Industri 4.0 dengan Fasilitas Canggih

Dalam hal desain, tentu saja hal ini sangat subjektif. Namun, dibandingkan dengan model sebelumnya, versi terbaru ini mendapat lebih banyak pujian. Bagian wajah terlihat lebih tegas dan berwibawa dengan garis bodi yang dinamis dan tegas. Buritannya juga tampak lebih ramping dengan lampu belakang berbentuk X seperti pada pendahulunya. Secara keseluruhan, tampilannya masih mempertahankan kesan premium dan elegan.

Kenyamanan Honda PCX 160 2022

Motor matic premium sekelas Honda PCX 160 menawarkan posisi berkendara yang nyaman, sesuai dengan konsep Personal Comfort Xaloon (PCX). Konsep ini sudah menjadi ciri khas sejak PCX pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2010.

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Listrik di Indonesia yang Wajib Anda Tahu

Pada model baru ini, Anda tetap akan merasakan kenyamanan tersebut karena adanya perubahan pada struktur rangkanya. Dibandingkan dengan model 2018, rangka baru ini lebih ringkas dan memiliki sambungan yang minim. Jika dibandingkan dengan Honda PCX 150, motor ini ternyata lebih ringan. Bobot model baru ini adalah 129 kg (tipe CBS) dan 131 kg (tipe ABS), lebih ringan 1-2 kg dari model sebelumnya.

Secara dimensi, motor ini masih proporsional untuk postur rata-rata orang Indonesia. Dimensinya adalah panjang 1.935 mm, lebar 742 mm, dan tinggi 1.108 mm. Tinggi jok masih sama yaitu 764 mm. Posisi berkendara sangat fleksibel, dengan kaki dapat ditempatkan secara sigap atau santai. Namun, perlu diingat bahwa motor ini sedikit lebih rendah 3 mm dari model sebelumnya.

BACA JUGA:5 Tips yang Harus Anda Ketahui Sebelum Beli Busi

Suspensi dan Handling Honda PCX 160 2022

Pertama kali mengendarainya, terasa bahwa motor ini memiliki redaman yang empuk. Perubahan pada lingkar pelek belakang dari 14 inci menjadi 13 inci tampaknya berhasil mengkompensasi jarak main suspensi. Saat digunakan untuk berkendara sendiri, rasanya sudah pas, namun berbeda cerita saat digunakan berboncengan. Redamannya menjadi terlalu empuk, bahkan cenderung terlalu lemas dan mengayun.

Hal ini juga banyak diperbincangkan oleh para pengguna di forum-forum pemilik Honda PCX 160. Namun, dalam hal handling, efek dari rangka baru dan bobot yang lebih ringan terasa cukup kuat. Motor ini mudah dikendalikan melewati beragam tikungan, baik tikungan tajam maupun panjang. Namun, terkadang suspensi belakang terasa mengayun karena sifatnya yang empuk.

Fitur Semakin Lengkap

Meskipun membeli tipe terendah, yaitu CBS, Anda akan mendapatkan fitur yang lengkap. Fitur-fitur tersebut meliputi lampu-lampu full LED, rem cakram depan-belakang, bagasi berkapasitas 30 liter, USB port, Idling Stop System, Answer Back System, hingga Smart Key System. Juga, terdapat konsol depan dengan penutup dan ruang yang cukup dalam. Fitur standar matic Honda seperti Side Stand Switch dan ACG Starter juga tetap disematkan.

BACA JUGA:Waduh! Honda Keluarkan Duit Rp. 590 Juta, Padahal Belum Balapan

Jika Anda membeli tipe ABS, selain sistem pengereman yang lebih canggih, Honda PCX 160 ABS juga dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini memberikan rasa aman saat Honda PCX 160 melaju di permukaan jalan yang licin. HSTC membantu menyeimbangkan kerja putaran roda saat mendeteksi terjadinya selip pada roda belakang, mencegah terjadinya kecelakaan.

Performa Lebih Baik?

Performa Honda PCX 160 2022 sangat dinantikan, dengan teknologi mesin baru eSP+ yang dipadukan dengan kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 157 cc. Spesifikasinya berubah secara signifikan dengan adanya format empat katup pada mesin ini.

Mesin ini memiliki karakter over bore, dengan diameter piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm. Hal ini memberikan ruang untuk empat buah katup sehingga ukuran mesin tetap ringkas. Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 16 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: