Pererat Hubungan Pelaku Otomotif dan Pemerintah Lewat GIIAS Power Dinner

Pererat Hubungan Pelaku Otomotif dan Pemerintah Lewat GIIAS Power Dinner

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM-- GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali berlangsung pada 10-20 Agustus 2023 di ICE – BSD City, Kab. Tangerang, jelang penyelenggaraannya, GIIAS memulai beberapa rangkaian acara, salah satunya adalah GIIAS Power Dinner.

GIIAS Power Dinner adalah sebuah acara silaturahmi yang diselenggarakan untuk menjalin hubungan yang erat antara Kementerian Perindustrian dengan para pelaku industri otomotif Indonesia.

BACA JUGA:GIIAS 2023 Juga Jadi Momen Konferensi GIAC

Tahun ini adalah penyelenggaraan ke-dua GIIAS Power Dinner, dan kali ini diikuti oleh seluruh petinggi Agen Pemegang Merek (APM) peserta GIIAS 2023, dan dihadiri langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Dirjen ILMATE Taufiek Bawazier, Dirjen KPAII Eko SA Cahyanto, dan jajaran Kementerian Perindustrian lainnya.

Diselenggarakan di The Langham Ballroom tanggal 7 Agustus 2023, pada GIIAS Power Dinner 2023 GAIKINDO mewakili industri otomotif Indonesia menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kebijakan dari pemerintah Indonesia.

BACA JUGA:Tiket GIIAS 2023 Sedang Promo Spesial Kemerdekaan, Begini Cara Belinya!

Khususnya Kementerian Perindustrian, industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik, yang bahkan melebihi catatan sebelum pandemi.

”Industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik, bahkan melebihi capaian sebelum pandemi, semua ini dapat dicapai dengan dukungan dan kebijakan dari Kementerian Perindustrian, khususnya dibawah arahan Bapak Menteri,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.

Menurutnya dengan kebijakan PPnBM DTP, pembangunan pelabuhan khusus kendaraan Patimban, serta perkembangan pesat infrastruktur jalan, pertumbuhan wholesale kendaraaan pada tahun 2022 naik hingga 18% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sehingga tahun 2022 lalu, secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia naik empat peringkat menduduki peringkat ke-11, sementara untuk penjualan domestik Indonesia juga naik menjadi posisi ke-14 dunia.

BACA JUGA:Lebih Mudah, Begini Penampakan Rute Baru Ujian Praktik SIM C!

Nangoi juga menyampaikan bahwa dengan pendekatan agresif dari Kementerian Perindustrian kepada para prinsipal merek kendaraan  global, industri otomotif Indonesia juga berhasil menggenjot kenaikan ekspor hingga 60 persen, mencapai angka tertinggi lebih dari 470 ribu unit.

”GAIKINDO bersama industri otomotif Indonesia akan terus berkomitmen kedepannya untuk terus meningkatkan pasar domestik dan mendorong peluang Indonesia menjadi basis produksi untuk kegiatan ekspor,” tambah Nangoi.

Sebagai apresiasi atas Dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian, atas nama industri otomotif Indonesia, GAIKINDO menyampaikan plakat khusus dengan bentuk kendaraan kepada Menteri Perindustrian.

“Industri otomotif Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri Perindustrian, tidak hanya melewati masa pandemi yang berat, namun juga dapat mencatat capaian tertinggi dibandingkan sebelumnya,” tutur Nangoi.

BACA JUGA:Perhatian! Ganti Oli Motor Pertama Jangan Lewat Dari 1.000 Km

Pada kesempatan yang sama Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita juga memberikan arahan langsung kepada para petinggi industri otomotif Indonesia untuk menghadapi tantangan dalam upaya terus mengembangkan industri otomotif Indonesia.

”Kementerian Perindustrian mengapresiasi dan merayakan pencapaian industri otomotif Indonesia yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan industri otomotif. Dedikasi, kecerdikan dan komitmen dari para pelaku industri otomotif Indonesia telah mendorong sektor otomotif Indonesia ke level baru, menjadikannya kekuatan global yang harus diperhitungkan,” ucap Kemenperin

 BACA JUGA:Ternyata Ini Lho Arti Nomor Motor Mario Aji Pembalap di Moto3 Inggris 2023

Menurut Menteri Perindustrian, selama bertahun-tahun, sektor otomotif Indonesia telah mengalami perubahan yang luar biasa, menjadi pemain kunci di pasar regional dan menjadi penyumbang signifikan bagi Perekonomian negara.

Dengan Pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, terobosan teknologi dan pertumbuhan kelas menengah, permintaan mobil meningkat, menjadikan Indonesia sebagai pusat otomotif yang potensial di Asia Tenggara.

“Sektor otomotif di Indonesia tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga memberikan peluang ekonomi yang signifikan baik bagi perusahaan domestik maupun asing,” tambahnya.

Juga telah menjadi katalis untuk inovasi, penelitian dan pengembangan, yang menentukan mobilitas dan transportasi masa depan bangs akita. Ekspansi industri otomotif yang cepat telah membuka jalan bagi investor besar, menghasilkan ekosistem produsen, pemasok, dealer dan penyedia layanan yang kuat,” papar Agus Gumiwang.

Menteri Perindustrian juga menyempatkan untuk memberikan langsung plakat penghargaan kepada industri otomotif Indonesia, yang diwakili oleh Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi.

Menteri Perindustrian juga menyampaikan harapan agar kedepannya industri otomotif Indonesia dapat terus berkembang dan berkontribusi terhadap negara.

 BACA JUGA:Pecinta Klasik Masuk! Intip Fitur Baru Honda Super dan Cross Cub 110s

GIIAS Sebagai Pendorong Pertumbuhan Industri Otomotif Indonesia

Pada penyelenggaraan GIIAS Power Dinner, GAIKINDO juga menyampaikan akan terus menyelenggarakan GIIAS untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Berlangsung pada 10-20 Agustus 2023, merupakan penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO yang ke-30, sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 1986 lalu.

Dengan total peserta kendaraan bermotor  terbanyak, penyelenggaraan GIIAS tahun ini menjadi tonggak sejarah bagi GAIKINDO, dengan penyelenggaraan pameran, GAIKINDO telah menampilkan berbagai pencapaian, dan karya industri otomotif Indonesia kepada masyarakat.

Penyelenggaraan GIIAS juga mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian, yang melihat GIIAS sebagai ajang pendorong pertumbuhan industri, serta ajang edukasi Masyarakat mengenai kemajuan produk otomotif Indonesia yang berstandar global.

BACA JUGA:Bocor! Tampilan Honda CB350 Cafe Racer, Akan Segera Launching?

Sekaligus menumbuhkan minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan bermotor yang rendah emisi dan ramah lingkungan, sehingga nantinya dapat meningkatkan ketahanan energi dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia.

GIIAS 2023 akan menghadirkan informasi dan edukasi mengenai produk dan teknologi terkini dari total 49 merek kendaraan penumpang, komersial, dan juga kendaraan roda dua.

34 merek kendaraan penumpang dan komersial diantaranya adalah Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling.

5 merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Selain kendaraan roda empat tersebut, ada lebih dari 100 merek dari sepeda motor dan industri pendukung juga hadir di GIIAS 2023.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: