Ternyata Fungsi Lampu Sein pada Motor, Bukan Hanya Tanda untuk Berbelok

Ternyata Fungsi Lampu Sein pada Motor, Bukan Hanya Tanda untuk Berbelok

Dalam berkendara pasti ada kalanya harus bermanuver untuk mendahului atau menyalip. Contohnya seperti saat ingin mendahului sebuah mobil atau truk yang melaju lebih lambat di depan kita.

Nah agar pengemudi mobil tahu kita ingin menyalip, maka berikan tanda lampu sein. Dengan isyarat dari lampu sein tersebut, pengemudi atau pengendara yang ada di depan bisa mengerti manuver yang akan segera dilakukan.

BACA JUGA:Dominasi Podium Juara, Pembalap AHRT Kumandangkan Indonesia Raya di Seri 4 ARRC 2022, Sepang

BACA JUGA:Dijual Rp 380 Juta, Ini Sederet Fitur Canggih dan Spesifikasi Motor Listrik BMW CE-04

3. Kode  Untuk Kendaraan Dari Lawan Arah

Selain dari fungsi yang disebutkan di atas, lampu sein juga berguna untuk memberikan informasi kepada kendaraan dari lawan arah. Saat ada kendaraan berlawanan arah yang hendak masuk ke jalan untuk menyalip mobil di depannya.Maka perlu memberikan isyarat lampu sein agar dia segera keluar jalur. 

Tentunya hal ini dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan akibat tabrakan yang berasal dari arah berlawanan.

BACA JUGA:Motor Sering Brebet? Coba Cek 7 Hal Ini Dulu

BACA JUGA:Menang di Race 2, Decky Kumandangkan Indonesia Raya di Sepang

4. Mengurangi Risiko Terjadinya Kecelakaan

Peran penting lampu sein yang selanjutnya adalah untuk mengurangi tingkat risiko terjadinya kecelakaan. Coba bayangkan jika semua motor tidak dibekali lampu sein. Sehingga orang-orang tidak akan tahu kemana saja motor yang ada di depannya akan berbelok. 

+++++


Lampu sein pada motor ternyata memiliki beberapa fungsi loh Bradsis|R Satrio Adhy P|

Sudah pasti kondisi jalanan dan lalu lintas akan kacau. Untuk itu, keberadaan lampu sein ini bisa dibilang cukup krusial. Meskipun banyak orang yang menyepelekan eksistensinya.

Tanpa lampu sein, mereka yang berkendara di jalan akan rawan mengalami kecelakaan. Karena tidak ada indikator apapun yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan saat di jalan raya. Misalnya, saat Anda akan menyalip motor di depan. Anda juga harus memperhatikan lampu sein motor tersebut. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: wahana honda motor