Gak Ada Engine Brake! Begini 8 Teknik Pengereman di Skutik saat Melintas di Jalan Menanjak dan Menurun, Biar Aman dan Nyaman Bradsis!

Gak Ada Engine Brake! Begini 8 Teknik Pengereman di Skutik saat Melintas di Jalan Menanjak dan Menurun, Biar Aman dan Nyaman Bradsis!

Oh ya, tips #Cari_aman ala AHM ini sudah banyak dipraktikkan bikers Honda, lo. Di antaranya:

1. Lakukan pengecekan dan pemeriksaan pada kendaraan yang akan digunakan

Untuk menjaga performa kendaraan dan mengurangi potensi terjadinya insiden dari faktor kendaraan, lakukanlah pemeriksaan pada kendaraan yang digunakan mulai dari bahan bakar, oli, rantai, ban, kopling, rem, dan perangkat lainnya.

+++++


Karena Tak ada Engine Brake, Penggunaan Rem di Skutik Harus Tau Tekniknya yang Tepat||AHM

2. Kenali kondisi rute yang akan dilalui

Pastikan kita mengetahui rute atau kondisi jalan agar kita dapat antisipasi terlebih dahulu berbagai macam jalur yang akan dilewati. 

Pengendara sepeda motor dapat mengatur jadwal dan rute perjalanan untuk menghemat jarak, waktu, tenaga serta menghindari kemacetan.

3. Memasuki jalur yang menanjak         

Pada saat akan memasuki jalan menanjak, sebaiknya mengambil jarak yang cukup agar akselerasi sepeda motor dapat melewati tanjakan. 

BACA JUGA:Sering Rewel Karena Top Speed Yamaha, Quartararo Akhirnya Sadar: Sejak di Portugal Kami Selalu Naik Podium

BACA JUGA:Kenalin nih! Malaguti Madison 150, Penantang Serius NMAX dan PCX, Ternyata Bukan Merek Sembarangan

4. Turunkan kecepatan secara bertahap ketika mendekati puncak/jalan datar. Sebelum memasuki jalan menanjak, manfaatkan akselerasi atau momentum dengan menambah gas jauh sebelum jalan menanjak dengan memperhatikan kondisi jalan, kurangi kecepatan ketika mendekati ujung tanjakan dengan tetap memperhatikan kecepatan saat menanjak sebelumnya guna mencegah terlepasnya roda depan ketika mencapai ujung tanjakan.

5. Memasuki jalan yang menurun          

Pada saat akan memasuki jalan menurun, sebaiknya kurangi kecepatan jauh sebelum memasuki jalan menurun yaitu dengan menurunkan gas dan pertahankan kecepatan sepeda motor dengan menggunakan rem depan/belakang. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: ahm