Mengenal Honda G Concept, Ini Awal Mulanya Penggunaan Rangka eSAF

Mengenal Honda G Concept, Ini Awal Mulanya Penggunaan Rangka eSAF

Honda G Concept-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Saat ini motor-motor matic Honda kerap mengusung rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Sebut saja Honda Beat, Genio hingga Vario 160 dan Stylo 160.

Rangka eSAF sendiri disebut sebagai terobosan terbaru dalam desain rangka kendaraan motor yang dipersembahkan oleh Honda. Dengan tujuan memberikan tambahan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara, serta meningkatkan kinerja dan efisiensi kendaraan.

Sejatinya, rangka eSAF diperkenalkan sebagai bagian dari Honda G Concept. Skuter konsep yang pertama kali hadir di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 silam.

Dengan laburan warna silver dan aksen pink, sosok Honda G Concept langsung memikat pengunjung pameran yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta itu.

BACA JUGA:Yamaha NMax Turbo Punya Peranti Canggih, Masih Bisa Modif Kirian?

BACA JUGA:Yamaha NMax Turbo Punya Teknologi Canggih, Idealnya Pakai Bensin Apa?

Tampilannya bergaya retro futuristik dengan lampu-lampu beraksen smoke ungu baik di bagian depan dan belakang. Mirip kombinasi Honda Scoopy dan SH Series yang lebih berdesain Eropa.

Selain itu, ada tampilan setang terbuka dengan panel spidometer full digital. Siluetnya sendiri terlihat elegan dengan bentuk yang lebih aerodinamis ketimbang Scoopy.

Saat itu, Honda G Concept menjadi bahan studi AHM terhadap motor berpenampilan retro yang mengusung teknologi sasis baru. Hasilnya, di pertengahan tahun 2019, sosok Honda G Concept resmi dirilis sebagai motor produksi massal berjuluk Honda Genio.

Sasis eSAF ini menggantikan pipa menjadi pelat baja yang ditekuk dan dipres. Lalu bagian pelat di las dengan laser sehingga ada lipatan atau tulang di sisi-sisinya. 

BACA JUGA:Yamaha Masih Enggan Jual Moge di Indonesia, Ini Alasannya

BACA JUGA:Tahun Ketiga Gelar MotoGP, Mandalika Bakal Hadirkan Sensasi Berbeda

Sebanyak 34 komponen dihilangkan dalam penggabungan ini. Sehingga rangka tampak lebih simpel. Efeknya, rangka eSAF mampu memberikan pemanfaatan ruang yang semakin efisien, dalam hal ini adalah luas bagasi dan tangki bahan bakar.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya