Mengenal Kiprok dan Fungsinya Bagi Motor

Mengenal Kiprok dan Fungsinya Bagi Motor

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Sepeda motor memiliki setiap komponen yang masing-masing memiliki fungsinya. Seperti halnya komponen kiprok yang mungkin bagi sebagian pengguna motor masih kurang mengetahui fungsi dari komponen ini.

Kiprok merupakan komponen kelistrikan di sebuah motor. Fungsi kiprok sangat penting untuk mengatur arus listrik dan aki. Dari banyaknya jenis motor, tak terkecuali Honda memiliki tipe kiprok yang sama. Contohnya adalah Kiprok Honda Grand memiliki tipe sama seperti Honda Supra lama, Honda Legenda dan lainnya.

Honda Grand merupakan tipe motor Honda yang di produksi di tahun 90an. Pastinya ada beberapa part yang sudah tidak di produksi lagi karena memang umur motor sudah cukup lama. Namun yang sering terjadi pada komponen kiprok ialah pada bagian kabel yang putus atau sudah rapuh yang mana harus diganti dengan kabel yang baru.

BACA JUGA:Agar Kelistrikan Awet, Spull Motor Juga Perlu Dirawat, Berikut Tipsnya

Dalam hal ini tidak semua orang bisa melakukannya, karena setiap warna pada kabel kiprok memiliki fungsinya masing-masing. Mulai jalur ke spul maupun juga jalur ke aki motor, oleh karena itu dalam pemasangan jalur kabel kiprok Grand harus benar agar tidak terjadi konsleting yang menyebabkan kiprok mati.

Pengertian Kiprok dan Fungsinya

Dalam sebuah kiprok motor terdapat komponen yang didalamnya seperti seperti Resitor, Dioda, IC, Transitor, beserta komponen-komponen elektronik lainnya. Menjadi penghubung dengan spul dan mengarahkan arus listrik, jika terdapat kerusakan pada komponen ini, maka motor otomatis akan motor. Jika hal ini terjadi pada motor kalian, maka kalian  perlu mengecek terlebih dahulu jalur kabel kiproknya. Jika kalian  penasaran mengenai seputar kiprok ini, simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Kiprok Motor

Pada pembahasan diatas sudah disampaikan bahwa kiprok motor merupakan komponen kelistrikan pada motor. Komponen ini memang sangat penting bagi motor, apalagi menyangkut kelistrikan di area motor. Kiprok juga memiliki beberapa komponen lagi yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Salah satu komponen dari kiprok adalah Dioada, komponen ini merupakan sebuah komponen elektronika yang terdiri dari dua kutub yang berfungsi untuk menyearahkan arus listrik. Komponen Dioada ini terdiri dan dua semikonduktor yang digabungkan dan masing masing diberi doping (bahan tambahan) yang berbeda serta tambahan material konduktor untuk alirkan arus listrik.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Sistem Kelistrikan di Sepeda Motor

Fungsi Kiprok Motor

Lalu apa fungsi dari kiprok motor? Mungkin pertanyaan ini masih sering ditanyakan oleh beberapa orang. Sebelumnya juga kami sampaikan bahwa fungsi kiprok ialah sebagai pembatas tegangan pengisian dari komponen spull, sehingga arus listrik yang akan keluar tetap stabil dan pada umumnya bertegangan 12 V.

Selain itu juga kiprok motor memiliki fungsi sebagai penyearah arus listrik, sehingga arus listrik yang berasal dari spull merupakan arus bolak balik (AC). Sedangkan untuk arus yang dibutuhkan pada sebuah motor ialah DC (Direct Current), nah inilah kiprok mulai bekeja yang mana menyearahkan arus listrik dari spull.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: