Drama di Sirkuit Ricardo Tomo, Crash Jorge Martin dan Perpisahan Marc Marquez

Drama di Sirkuit Ricardo Tomo, Crash Jorge Martin dan Perpisahan Marc Marquez

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Hasil dari MotoGP Valencia 2023 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo ditandai dengan insiden yang melibatkan Jorge Martin

Pada malam hari tanggal 26 November 2023, Jorge Martin mengalami kecelakaan di putaran kelima di tikungan keempat Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. 

Aspirasinya untuk menyalip pembalap Honda, Marc Marquez, tidak menghasilkan hasil yang diinginkan. 

BACA JUGA:Pecco Bagnaia Juara Dunia MotoGP Berkat Ikuti Jejak Marc Marquez-Valentino Rossi

Jorge Martin menyenggol ban belakang Marc Marquez yang membuatnya kehilangan kendali dan terlempar keluar lintasan.

Insiden ini membuatnya harus merelakan gelar Juara Dunia MotoGP 2023 kepada Francesco Bagnaia yang berhasil naik podium di urutan pertama dalam balapan ini.

Jorge Martin memiliki peluang menjadi juara dunia jika ia berhasil memenangkan balapan MotoGP Valencia dan Francesco Bagnaia finish di luar 5 besar. 

Namun, kecelakaan ini membuat Bagnaia berhasil dinobatkan sebagai Juara Dunia MotoGP, meskipun ia tidak naik podium. 

Hal ini dikarenakan perolehan poin Bagnaia jauh mendahului Jorge Martin, dengan perolehan 467 poin dibandingkan dengan 428 poin di sesi akhir Kejuaraan MotoGP 2023.

BACA JUGA:Francesco Bagnaia Berjaya, Jorge Martin Merana di MotoGP Valencia 2023

Hasil ini menjadikan Francesco Bagnaia sebagai pembalap Ducati pertama yang meraih gelar Juara Dunia MotoGP secara berturut-turut, yaitu pada musim 2022 dan 2023.

Pembalap asal Italia tersebut menjadi pembalap ketiga dalam sejarah MotoGP yang berhasil meraih gelar juara dunia secara berturut-turut setelah Valentino Rossi dan Marc Marquez sejak kelas utama diperkenalkan. 

Selain itu, Bagnaia juga menjadi pembalap Ducati pertama yang berhasil meraih kemenangan dan naik podium dalam satu musim. 

Ia berhasil mengungguli pendahulunya, Casey Stoner, dengan mencatatkan 18 podium bersama Ducati, hanya selisih satu podium dari Casey Stoner yang berhasil meraih 17 podium.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: