Inilah Tipe-tipe Speedometer Berdasarkan Cara Kerjanya, Simak Penjelasan Menurut Ahlinya

Inilah Tipe-tipe Speedometer Berdasarkan Cara Kerjanya, Simak Penjelasan Menurut Ahlinya

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Speedometer merupakan salah satu spare part di kendaraan bermotor yang penting dan terletak tepat dihadapan pengendara motor, untuk mudah melihatnya. 

Dilansir dari beberpa sumber, Speedometer adalah sebuah alat pengukur kelajuan kendaraan, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan dengan satuan kilometer perjam.

Speedometer juga berfungsi sebagai alat ukur untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor saat digunakan, dan dijadikan ukuran untuk mengatur kecepatan di kasawan atau ruas jalan yang di batasi maksimal kecepatan kendaraan atau minimal laju kendaraan.

BACA JUGA:Tenang, Begini Cara Mengatasi Motor yang Tetap Tidak Bisa Hidup

Semakin modern hasil industri pabrikan kendaraan, speedometer pada sepeda motor dilengkapi pula dengan panel-panel penting,  antara lain  jumlah bahan bakar yang tersedia, jumlah jarak yang telah ditempuh, dan indikator-indikator penting lainnya.

Punya Brodist Analog atau Digital nih?

Di pasaran, speedometer tersedia dalam dua jenis, analog dan digital.

Dalam versi Analog, menggunakan jarum untuk menunjukan angka kecepatan kendaraan, maka jenis ini yang paling banyak digunakan pada sepeda motor terdahulu hingga saat ini dan secara tampilan jenis speedometer ini memiliki desain yang unik dan klasik.

BACA JUGA:Cek Kelebihan dan Kekurangan Motor Trail Kawasaki KLX 150

Sementara pada speedometer Digital, memiliki tampilan dengan menggunakan penunjuk angka digital pada sebuah layar display.

Speedometer ini, memiliki tampilan yang futuristik dan akurat.

Oleh sebab itu banyak dipakai pada kendaraan yang mengedepankan nilai futuristik.

Cara Kerja Analog

BACA JUGA:Pengendara Masih Ragu dengan Teknologi Motor Keyless, Apakah Masih Aman?

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: