Head to Head Dua Motor Beda Kelas, Antara Yamaha YZF-R7 Vs Suzuki GSX-8R

Head to Head Dua Motor Beda Kelas, Antara Yamaha YZF-R7 Vs Suzuki GSX-8R

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kali ini kami akan membandingkan motor yang beda kelas dari Yamaha YZF-R7 dengan Suzuki GSX-8R, untuk Yamaha YZF-R7 lahir pada tahun 2021 sedangkan Suzuki GSX-8R lahir pada tahun ini.

Untuk harga di Amerika Yamaha YZF-R7 di bandrol dengan harga Rp.144 juta sedangkan Suzuki GSX-8R di bandrol dengan harga Rp.148 juta hanya selisih 4 jutaan saja.

Untuk bagian stang Yamaha YZF-R7 rendah dan memang di peruntukkan untuk track day sedangkan untuk Suzuki GSX-8R  stang yang di gunakan tinggi dan lebih cocok untuk sport touring, di bagian jok Yamaha YZF-R7 lebih panjang dan melancip sedangkan untuk jok Suzuki GSX-8R  lebih pendek.

BACA JUGA:Modifikasi BMW R75/5: Bergaya Brat Style, BMW R75/5 Ini Tampil Elok Layaknya Motor Jepangan

Uniknya pelek yang di gunakan kedua motor ini hampir mirip dengan palang 10 yang di usung untuk kedua motor ini, sedangkan tampilan depan Yamaha YZF-R7 menggunakan lampu single sedangkan Suzuki GSX-8R  menggunakan lampu double model tumpuk atas bawah, untuk bagian spion Yamaha YZF-R7 lebih rendah di bandingkan Suzuki GSX-8R  yang tinggi.

Untuk lampu rem Yamaha YZF-R7 berada di bagian buntut belakang motor sedangkan Suzuki GSX-8R   berada di bagian spakbor belakang motor dan sudah LED untuk kedua motor ini.

Sementara di bagian suspensi Yamaha YZF-R7 menggunakan merk dari KAYABA inverted telescopic fork (upside down fork) ukuran 41mm dan sudah full adjustable, sedangkan Suzuki GSX-8R  menggunakan merk Showa SFF-BP atau Separate Function Fork Big Piston dengan ukuran yang sama yaitu 41mm hanya saja di Suzuki GSX-8R   tidak bisa di setting seperti Yamaha YZF-R7, untuk bagian suspensi Yamaha unggul dari Suzuki.

Untuk bagian depan Yamaha YZF-R7 di bekali dengan merk Sumitomo menjepit kaliper semi floating ukuran 298mm dan menggunakan kaliper radial 4 piston kanan dan kiri, sedangkan Suzuki GSX-8R  menggunakan kaliper merk Nissin radial 4 piston kanan dan kiri menjepit piringan cakram semi floating dengan ukuran 310mm atau 31cm, jadi secara data ukuran Suzuki GSX-8R  lebih besar 1 cm dibandingkan dengan Yamaha YZF-R7.

BACA JUGA:Intip Kekarnya Suzuki GSX-8S, Street Fighter yang Cocok untuk Touring!

Suspensi belakang untuk motor Yamaha YZF-R7 menggunakan monoshock swing arm, untuk swing armnya menggunakan bahan plat baja sedangkan Suzuki GSX-8R   menggunakan suspensi belakang monoshock dengan swing arm berbahan alumunium jadi secara suspensi belakang Suzuki GSX-8R  lebih mewah di bandingkan Yamaha YZF-R7.

Untuk kerangka Yamaha YZF-R7 menggunakan tralis hanya saja motor ini menggunakan single piece sedangkan Suzuki GSX-8R terdiri dari dua bagian yaitu rangka utama baja dan sub framenya juga baja, jadi secara rangka Suzuki GSX-8R lebih mewah karna terbagi menjadi dua bagian yang berbeda di banding Yamaha YZF-R7.

Dibagian speedo meter untuk Yamaha YZF-R7 menggunakan speedometer negatif dan sederhana sekali, sedangkan untuk Suzuki GSX-8R menggunakan speedometer full color tft jadi secara tampilan Suzuki GSX-8R lebih unggul dari Yamaha YZF-R7.

Dibagian elektronik baru terasa bedanya, untuk Yamaha YZF-R7 hanya menggunakan Throttle Body konvensional dan menggunakan kabel gas model baja seling lalu ABS dual channel dan belum quick shifter, sedangkan Suzuki GSX-8R sistem elektronik yang sangat komplit, yang menggunakan Throttle Body dengan motor servo ride by wire lalu ABS dual channel dan sudah quick shifter up and down serta sudah Suzuki traction control system, ada juga Suzuki drive power mode, dan Suzuki easy start system dan yang terakhir ada low rpm assist system.

BACA JUGA:Perdana di Bandung, Ratusan Bikers Yamaha Ramaikan Event Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: