Dari Gibah Bisa Terbentuk Komunitas, Inilah Sejarah Komunitas 'GLAMOR INDONESIA'

Dari Gibah Bisa Terbentuk Komunitas, Inilah Sejarah Komunitas 'GLAMOR INDONESIA'

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Klub atau komunitas kendaraan roda dua atau biasa disebut sepeda motor di Indonesia kian banyak sejak dimulai dari ibukota kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Sepeda motor dengan berbagai jenis dengan banyak macam dari kapasitas mesin yang ada kemudian menjadi objek beberapa orang yang menyukainya untuk berkumpul membentuk komunitas.

BACA JUGA:Dukung Elektrifikasi, Kawasaki Luncurkan Ninja e1 dan Z e1 di Indonesia

Seperti yang sudah ada sejak jaman penjajahan dunia kala itu termasuk diantaranya tanah air kita dan menyebar sampai di Ternate, Maluku Utara - Indonesia.

Sepeda motor sebagai bentuk fungsional transportasi darat bagi tentara militer untuk menjelajahi daerah yang dikuasainya atau daerah yang dijajahinya.

BACA JUGA:Hadir Perdana, GIIAS Bandung 2023 Representasikan Inovasi Teknologi Terkini Industri Otomotif

Seiring berjalannya waktu kendaraan dengan roda dua ini bukan hanya anggota militer saja yang menggunakannya akan tetapi banyak juga pengguna dari anggota dinas, hingga warga sipil dari berbagai macam kalangan, bahkan artis.

Tahun 1893 sepeda motor pertama yang dibawa oleh Jhon C Potter, pertama kali membawa sepeda motor ini pada tahun 1893, wah tidak berasa ternyata sudah 1 abad 30 tahun loh.

Ternyata terbentuknya komunitas motor yang pertama di tanah air ini adalah seorang mekanik pabrik gula di Umbul dekat Probolingo, Jawa Timur, bernama Satan Cart atau disebut kereta setan, serem juga ya! ternya ini alasannya diberi nama kereta setan.

BACA JUGA:Berbisnis Motor Jadul? Pasti Untung Bro

Karena, suara deru knalpot yang besar dan dapat berlari dengan kecepatan tinggi sehingga mengurangi waktu perjalanan.

Setelah sepeda motor tersebut tiba di Indonesia, orang-orang terlihat sangat kagum dan heran karena penggunaan sepeda motor yang cepat dan mampu mengalahkan kereta kuda yang saat itu menjadi alat transportasi darat yang sering digunakan dan akhirnya mulai berkembang di Indonesia pada tahun 1990-an hingga saat ini.

Tahun 1939 Douglas Mc Arthur panglima angkatan perang Amerika yang beroperasional di Asia dan bersekutu dengan Belanda untuk melawan Jepang, dia membawa armada kendaraan roda empat dan roda dua sebagai armada perang dunia kedua melawan Jepang disebarkan di pulau Jawa, Maluku Utara dan Irian Jaya.

BACA JUGA:Siap Menantang NMAX dan PCX, Terbaru Kymco Luncurkan Skytown 150 Gas!

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: