Jangan Abaikan! Ini Tanda-tanda V Belt Motor Sudah Mau Putus

Jangan Abaikan! Ini Tanda-tanda V Belt Motor Sudah Mau Putus

Ciri-ciri V-belt Motor MatiK Putus--wahanahonda.com

JAKARTA,MOTOREXPERTZ.COM -  Begini tanda-tanda v-belt motor matik yang harus segera diganti.

V-belt merupakan komponen penting pada bagian motor matik, v-belt berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke kompone lain seperti alternator atau pompa power steering.

V-belt memiliki usia pakai, maka dari itu kalian harus rutin memperhatikan pemakaian v-belt dan menggantinya. Jika tida, bisa saja v-belt bisa putus ketika dipakai jalan.

Ketika V-belt motor putus membuat kendaraan tidak mau jalan dan tidak bisa digunakan, maka dari itu kalian harus kenali tanda berikut.

BACA JUGA:Inilah 5 Kebiasaan Buruk Pengendara Motor yang Sering Disepelekan, Hati-hati!

BACA JUGA:Simak Cara Kerja Pulser Motor, Lengkap dengan Fungsinya

Tandan V-belt Motor akan Putus

Dilansir dari astra-honda.com cara mudah mengenali v-belt yang akan putus di bawaha ini yang dapat membahayakan pengendara.

Muncul Bunyi Pada Boks CVT

Ketikan V-belt ingin putus muncul bunyi pada bagian boks CVT yang akan terdengar pada saat akselerasi awal. Selanjutnya, akan terdengar bunyi seperti decitan pada bagian CVT sesaat setelah motor akan dijalankan.

Jika kondisi parah, muncul suara bising, sebab, ada gesekan antara v-belt motor dengan komponen pulley, generator, kompresor, atau pompa air.

Tarikan Berat dan Kasar

Tarikan pada motor akan terasa kaku dan kasar jika . Umumnya, tarikan motor yang masih normal akan terasa halus dan lancar. Sedangkan jika v-belt akan putus, tarikan motor akan terasa keras seperti baru keluar dari rendaman air banjir. 

Salah satu cara mengeceknya adalah dengan merasakan apakah tarikan tersendat ketika menarik gas dari rendah menuju tinggi atau dari posisi mati ke posisi jalan.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: