Dari Gibah Bisa Terbentuk Komunitas, Inilah Sejarah Komunitas 'GLAMOR INDONESIA'

Dari Gibah Bisa Terbentuk Komunitas, Inilah Sejarah Komunitas 'GLAMOR INDONESIA'

Para pemilik sepeda motor yang merupakan orang Belanda dan Eropa yang ada di Jawa dan Batavia hingga Maluku Utara membentuk majalah khusus para pengguna sepeda motor di tahun 1940 dengan nama Majalah Magneet sebagai alat propagandis yang memainkan tafsir kekuasaan di jalan raya.

Saat perang dunia bergulir pada tahun 1942, Belanda menyerah kepada Jepang tanpa syarat sehingga membuat seluruh investasi yang dimiliki oleh pemerintah dan perusahaan Belanda di rampas oleh Jepang, termasuk sepeda motor jenis WLA Army 750 CC.

BACA JUGA:Hai Ngabers, Coba Pelajari 5 Cara Mencegah Mesin Motor Lo Overheat

Berkuasanya Jepang di Indonesia membuat sebagian besar armada kendaraan bermotor dibuang ke laut untuk menghilangkan jejak orang Belanda dari kejaran dan ancaman Jepang. Walaupun sebagian armadanya sudah berada di tangan Jepang.

Kemudian pada tahun 1945 Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu karena seluruh perlengkapan yang dimiliki oleh Jepang dilucuti oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI), menjadi barang rampasan para pejuang Indonesia.

BACA JUGA:Motor Cepat Panas atau Overheat? Ternyata Ini Dua 'Biang Keroknya', Awas Jangan Sampai Bablas!

Motor-motor tersebut kemudian banyak digunakan sebagai kendaraan operasional Polisi Militer Laut, Udara dan Darat menjadi kendaraan patroli dan pengawalan.

Pada jaman Orde Lama kepemilikan awalnya hanya untuk militer, kepolisian, dan instansi pemerintah lainnya inventaris dari pemerintah kolonial. 

Kemudian pada akhir jaman Orde Lama hingga menjadi Orde Baru sampai dengan saat ini, masyarakat sipil banyak yang memiliki kendaraan tersebut melalui berbagai kepemilikan seperti di dapat dari proses lelang ataupun proses lainnya secara sah.

BACA JUGA:Tenang, Begini Cara Mengatasi Motor yang Tetap Tidak Bisa Hidup

Sejarah Berdirinya Komunitas Gamalama Motor Besar Indonesia “Glamor Indonesia” di Maluku Utara.

Bertepatan dengan hari Pahlawan pada Jum’at, 10 November 2023 lalu. Pada Sabtu, 11 November 2023 di acara Bikersday Maluku Utara 2023 bertempat di Benteng Oranje – Ternate, Maluku Utara, Gamalama Motor Besar Indonesia “Glamor Indonesia”, mengelar Deklarasi.

Acara Deklarasi Glamor (Gamalama Motor Besar)Indonesia Yang Diketuai Oleh Ricky Boboho sebagai Ketua Glamor dan sekaligus Ketua Panitia dalam rangkaraian Acara Bikers Day Maluku Utara dan  Deklarasi Glamor Indonesia.

BACA JUGA:Yuk Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor, Apa Sih Fungsinya?

Arti Simbol Gamalama Motor Besar Indonesia “Glamor Indonesia”.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: